Shop Tokopedia Genjot Penjualan Produk UMKM Lewat Beli Lokal

Dwi Rachmawati
Minggu, 25 Agustus 2024 | 22:43 WIB
CMO of Jacquelle, Lianna Lie, bersama CMO of Kintakun, Vincent Saputra, President
Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, CEO Kals Corpora,
Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, serta Owner of THENBLANK, Mutiara Kamila
Athiyya, dalam konferensi pers Rayakan HUT ke-15 Tokopedia dengan Festival Beli Lokal, hari ini
(24/8).
CMO of Jacquelle, Lianna Lie, bersama CMO of Kintakun, Vincent Saputra, President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, CEO Kals Corpora, Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, serta Owner of THENBLANK, Mutiara Kamila Athiyya, dalam konferensi pers Rayakan HUT ke-15 Tokopedia dengan Festival Beli Lokal, hari ini (24/8).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Tokopedia dan Shop Tokopedia mendorong sejumlah inisiatif untuk mendongkrak penjualan produk lokal para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu program yang diklaim berhasil mewujudkan hal itu adalah Beli Lokal.

Presiden Direktur Tokopedia dan E-Commerce TikTok, Melissa, Siska Juminto menyebutkan bahwa deretan upaya telah dilakukan Tokopedia untuk memperkuat ekonomi digital pelaku usaha lokal. Di antaranya seperti menggelar Festival Beli Lokal, edukasi pemanfaatan konten video promosi live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar hingga meningkatkan penjualan.

Menurutnya, penjualan para UMKM yang melakukan live shopping di Shop Tokopedia, rata-rata mengalami peningkatan hampir tujuh kali lipat. Dia pun mengeklaim, kedua platform belanja online ini bahkan telah menjalin kolaborasi bersama pemerintah untuk mempromosikan produk lokal melalui fitur live shopping.

"Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," ujar Melissa dalam keterangannya, dikutip Minggu (25/8/2024).

Adapun, data Tokopedia mencatat pada kuartal II/2024 kategori produk dengan kenaikan transaksi tertinggi terjadi pada peralatan kamar mandi, pakaian wanita spesial, perlengkapan taman, perlengkapan olahraga dan perlengkapan barbeque dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat dibandingkan kuartal I/2024.

Sedangkan, sejumlah wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual pada kuartal II/2024 antara lain Jakarta, Kalimantan Selatan, Banen, Jawa Timur, Bali dengan rata-rata kenaikan hampir 1,5 kali lipat.

Begitupun dengan jumlah penjual di platform Tokopedia pada periode Juni Juli 2023 hingga Juni 2024  mengalami peningkatan tertinggi terjadi di wilayah Nabire, Kepulauan Aru, Buton, Konawe Utara dengan rata-rata kenaikan lebih dari 4 kali lipat.

Sementara untuk program Beli Lokal yang telah diluncurkan sejak 12.12 tahun lalu itu, Tokopedia dan Shop Tokopedia mengeklaim telah berhasil meningkatkan transaksi harian produk lokal hingga 19 kali lipat secara bulanan pada Desember 2023.

Melissa mengatakan, jutaan penjual di Tokopedia dan Shop Tokopedia mayoritas merupakan UMKM. Kedua platform belanja online itu menargetkan bakal mendigitalisasi lebih banyak pelaku usaha di Indonesia.

"Pada skala nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%. Untuk mendorong peran signifikan UMKM lokal terhadap perekonomian Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam insiatif termasuk edukasi," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dwi Rachmawati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper