Strategi Tokopedia dan ShopTokopedia Bantu UMKM Bangun Bisnis di Era Digital

Hesti Puji Lestari
Rabu, 7 Agustus 2024 | 16:55 WIB
Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan (kiri) dan Albert Pratama, Direktur Hadinata Batik (kanan)/Hesti
Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan (kiri) dan Albert Pratama, Direktur Hadinata Batik (kanan)/Hesti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia dan ShopTokopedia memiliki berbagai strategi untuk membantu UMKM membangun bisnis di era digital.

Sebagaimana diketahui, pelaku bisnis di Indonesia tak bisa mengesampingkan digitalisasi. Bahkan saat ini, banyak pelaku usaha yang mulai meraih sukses dengan memanfaatkan platform digital.

Tokopedia dan ShopTokopedia menjadi salah satu pihak yang membantu UMKM dan pelaku usaha mikro untuk membangun bisnis mereka berbasis digital.

Bahkan menurut Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan, kini sudah ada lebih dari 21 juta penjual di Tokopedoa dan ShopTokopedia, di mana mayoritas adalah UMKM.

"Pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM merupakan salah satu mitra strategis Tokopedia dan ShopTokopedia. Kini sudah ada lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia yang mayoritas UMKM," kata Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan, di Solo, Rabu, 7 Agustus 2024.

Ada beberapa strategi yang digunakan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk membantu pelaku UMKM ini.

Pertama, dengan mengadakan pelatihan dan kompetisi MikroEx Challenge sejak Juni 2024. Melalui program ini, Tokopedia bisa mencetak mentor yang memiliki kapabilitas untuk membantu digitalisasi usaha mikro.

Kemudian, Tokopedia dan ShopTokopedia juga menghadirkan sederet promo spesial seperti Promo Guncang, Kupon Spesial, dan Flash Sale, yang bisa dimanfaatkan penjual untuk meningkatkan penjualan, sekaligus membuat belanja online masyarakat menjadi lebih hemat.

Ada pula Kupon Spesial, dimana penjual di Tokopedia maupun ShopTokopedia bisa memberikan Kupon Spesial berupa gratis ongkir, cashback, dan diskon untuk mendorong lebih banyak pembelian. 

Dengan berbagai event ini, baik pembeli ataupun penjual sama-sama akan mendapatkan keuntungan.

Sementara jika berbicara tentang UMKM lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan kampanye Beli Lokal sehingga produk-produk buatan dalam negeri bisa dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kampanye #MulaiAjaDulu juga menjadi salah satu strategi Tokopedia dan ShopTokopedia menarik UMKM agar tidak takut merambah ke bisnis digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper