Kode Unik Ini Dapat Membuat iPhone Mogok Beberapa Detik, Benarkah?

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 23 Agustus 2024 | 09:10 WIB
Ilustrasi tampilan iOS 18 di iPhone/Apple
Ilustrasi tampilan iOS 18 di iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - iPhone memiliki satu kode unik yang jika diketik di bilah pencarian akan membuat smartphone Anda mogok dalam beberapa detik. 

Belum lama ini, salah satu pengguna menemukan terdapat empat karakter yang jika diketik ke dalam bilah pencarian akan membuat SpringBoard, aplikasi yang bertanggung jawab atas layar beranda iPhone, mogok selama beberapa detik. 

Digital Tren pada Jumat (23/8/2024) melaporkan jika itu terjadi, yang perlu dilakukan selanjutnya hanyalah memutar ponsel sejenak sebelum mengembalikan Anda ke layar kunci. Itu tidak menutup aplikasi apa pun atau menyebabkan masalah lainnya; jika ada, itu hanya reset. 

Namun, kode unik ini tidak berlaku untuk seluruh versi iPhone. Kode tersebut adalah “”:: yang jika dimasukan dikabarkan akan membuat sistem mogok beberapa saat.

Kode ini hanya berlaku untuk iPhone yang menjalankan iOS 17.5.1. Sementara itu bagi perangkat yang menjalankan iOS 18 beta, tidak berpengaruh pun dengan iOS lainnya. 

Selain itu sepertinya saat diketik di Perpustakaan Aplikasi; menggesek ke bawah dan mencari tidak menghasilkan hasil yang sama. Namun, mencoba bug yang sama di bilah pencarian aplikasi 

Sementara itu dilansir dari TechCrunch, Peneliti keamanan iOS Ryan Stortz mengatakan mogoknya smartphone iPhone dengan kode tersebut tidak terkait dengan keamanan. Pengguna tidak perlu khawatir tentang pemberian akses kepada pihak ketiga yang jahat, dan juga tidak ada alasan untuk percaya bahwa hal ini dapat dipicu oleh orang lain selain Anda sendiri atau seseorang yang menggunakan ponsel Anda yang mengetikkan karakter tersebut. 

Kemungkinan besar, ini adalah masalah internal. bug yang tidak diketahui oleh siapapun dan telah diperbaiki dengan pembaruan iOS di masa mendatang.

Pengguna lain menemukan bahwa bug dapat dipicu hanya dengan mengetikkan “”: dan karakter lainnya. Hasilnya sama, apapun metode yang Anda gunakan. Tidak ada manfaat atau bahaya melakukan hal ini, namun ini merupakan penemuan menarik dalam sistem operasi yang telah ada selama lebih dari dua dekade.

TechCrunch menghubungi Apple untuk memberikan pernyataan, tetapi sejauh ini belum ada tanggapan. Bug seperti ini juga bukan kali pertama muncul . Pada tahun 2015, bug iMessage dapat mogok dan mematikan iPhone sepenuhnya hanya dengan satu teks.

Kesalahan saat ini sepertinya tidak akan menimbulkan masalah, terutama karena karakter tersebut tidak akan diketik di bilah pencarian dalam kondisi normal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper