Revolusi Stiker WhatsApp, Pengguna Bisa Bikin Sendiri dengan AI!

Rika Anggraeni
Kamis, 15 Agustus 2024 | 19:46 WIB
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Platform pesan instan instant, WhatsApp menawarkan lebih banyak pilihan bagi pengguna untuk mengekspresikan diri dengan stiker kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

Anak usaha Meta itu juga telah bermitra dengan GIPHY untuk menghadirkan koleksi stiker yang luas bagi pengguna.

Dilansir dari blog resmi WhatsApp, Kamis (15/8/2024), integrasi ini memungkinkan pengguna menemukan dan membagikan stiker yang relevan dan menarik, tanpa harus meninggalkan aplikasi .

WhatsApp menjelaskan, untuk mengakses stiker GIPHY, pengguna hanya perlu mengetuk ikon stiker dan melakukan pencarian menggunakan teks atau emoji.

Selanjutnya, pengguna bisa membuat stiker khusus menggunakan Meta AI. Sayangnya, fitur pembuatan stiker AI ini hanya tersedia di perangkat Android dan iOS di Amerika Serikat (AS).

“Saat ini, pembuatan stiker AI tersedia di iPhone dan Android di AS. Pengguna Android juga dapat menguji pembuatan stiker AI dalam bahasa Spanyol dan Bahasa Indonesia,” demikian yang dikutip pada Kamis (15/8/2024).

Lebih lanjut, aplikasi pesan instan berwarna hijau itu juga bisa mengatur stiker baru dengan melihat pratinjaunya di baki stiker di bawah paket stiker yang diunduh. Untuk mengatur baki stiker, pengguna bisa mengetuk dan menahan stiker untuk pindah ke atas atau menghapusnya.

Selain itu, kini WhatsApp juga bisa membuat stiker kustom yang sudah tersedia di Android. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat, mengedit, dan membagikan stiker. “Pengguna iOS telah menyukai fitur ini dan kami bersemangat untuk memperluasnya ke semua orang,” ungkapnya.

Untuk menikmati pembuatan stiker secara kustom, pengguna hanya perlu mengubah foto menjadi stiker dan bisa diedit seperti memotong, menambahkan teks, atau menggambar. Setelah selesai mengedit, stiker secara otomatis akan tersimpan di bagian stiker.

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper