Grab Andalkan Fitur Keamanan dan Keselamatan untuk Hadapi Lalamove - Gojek

Rika Anggraeni
Kamis, 8 Agustus 2024 | 10:31 WIB
Logo Grab terlihat di jaket mitra driver Grab/Dok. video Grab
Logo Grab terlihat di jaket mitra driver Grab/Dok. video Grab
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG — PT Grab Teknologi Indonesia (Grab) mengedepankan inovasi untuk mempertahankan pelanggan, seiring dengan masuknya Lalamove ke bisnis ride hailing melalui Lalamove Ride. Grab mengutamakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan. 

Director of Mobility & Logistics Grab Indonesia Tyas Widyastuti mengatakan bahwa inovasi ini sekaligus untuk mendukung keamanan dan kenyamanan konsumen dan mitra pengemudi selama perjalanan dengan Grab Indonesia.

“Kunci utama bagi Grab dalam memenangi kompetisi adalah menyediakan inovasi dan layanan yang selaras dengan kebutuhan konsumen,” kata Tyas kepada Bisnis, Rabu (7/8/2024).

Salah satu inovasi anyar yang telah diterapkan Grab di Indonesia adalah adanya Pusat Keamanan dan Keselamatan Grab untuk wisatawan.

Tyas mengklaim bahwa ini merupakan inovasi pertama di industri transportasi online saat ini. Di mana, laman berisi ragam informasi lengkap, seperti kontak darurat, daftar alamat kantor kepolisian dan kedutaan, daftar rumah sakit.

Lebih lanjut, Grab juga menyediakan sambungan telepon 24 jam khusus untuk laporan terkait kekerasan seksual yang terhubung langsung dengan SAPA 129 milik Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Grab menjelaskan bahwa laman ini telah tersedia dalam Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Korea dan dapat diakses di 10 kota seperti Bali, Jakarta, Yogyakarta, Labuan Bajo, Medan, Batam, Surabaya, Bandung, Lombok, dan Manado.

Inovasi lainnya adalah dengan meluncurkan GrabCar Plus. Tyas menyampaikan bahwa Grab tengah melakukan uji coba layanan GrabCar Plus dengan standar baru untuk menjawab kebutuhan para pengguna yang menginginkan perjalanan dengan armada yang lebih besar, baru dan nyaman.

Grab menyampaikan beberapa keunggulan yang ditawarkan antara lain kendaraan yang digunakan merupakan kendaraan Non-LCGC dengan tahun produksi lebih baru, seleksi kualitas kendaraan yang lebih ketat yang dilengkapi dengan pengecekan kendaraan secara berkala.

Selain itu, Grab juga menerapkan informasi tambahan identitas pelengkap bagi mitra pengemudi, mulai dari seragam, kartu identitas dalam mobil, dan stiker pada armada dilakukan secara bertahap yang dimulai pada Agustus 2024.

Tyas menambahkan bahwa Grab juga meluncurkan fitur Akun Keluarga untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang menginginkan notifikasi otomatis jika anggota keluarga menggunakan layanan Grab.

“Dengan Akun Keluarga, admin dapat melihat posisi mobil secara real-time dan menerima notifikasi otomatis saat perjalanan berlangsung,” terangnya.

Tyas menjelaskan bahwa anggota Akun Keluarga dapat menggunakan metode pembayaran terpusat yang dibebankan pada admin.

Di samping itu, Grab juga menyediakan layanan motor listrik melalui GrabBike Electric. Dengan memilih layanan ini, ujar Tyas, masyarakat telah berkontribusi untuk menghindari emisi dari gas buang.

“Saat ini, Grab Indonesia merupakan pelopor dan pemimpin di bidang operator kendaraan listrik dengan total 10.000 armada GrabElectric, termasuk motor dan mobil listrik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Grab mengklaim perusahaan juga mempelopori berbagai fitur-fitur keamanan terdepan di industri ride-hailing, salah satunya dengan kehadiran pemantauan perjalanan (trip monitoring). Melalui fitur ini, Grab bisa mendeteksi perjalanan secara real-time dan mengurangi risiko tindakan tidak diinginkan melalui intervensi manual.

“Tim Grab Support akan proaktif menghubungi penumpang dan pengemudi jika terjadi penyimpangan rute atau pemberhentian tidak wajar, terutama jika tidak ada respons terhadap notifikasi di aplikasi Grab,” jelasnya.

Fitur keamanan lainnya adalah dengan menyediakan fitur perekaman suara (audio protect). Fitur ini dapat diakses melalui Pusat Keselamatan dengan persetujuan penumpang. Cara kerjanya, perekaman otomatis dimulai saat pengemudi menerima pesanan dari penumpang yang menyetujui.

Fitur lainnya adalah tombol darurat. Nantinya, pada akhir 2024, Grab akan memindahkan lokasi Tombol Darurat di aplikasi penumpang agar lebih terlihat dan lebih mudah diakses dalam keadaan darurat.

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper