eFishery Fokus Ekspansi ke Luar Negeri Usai Restrukturisasi Organisasi

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 29 Juli 2024 | 08:40 WIB
CEO eFishery Gibran H. berfoto bersama para pegawai perusahaan di India/dok. X.com
CEO eFishery Gibran H. berfoto bersama para pegawai perusahaan di India/dok. X.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Unicorn Aqua Tech eFishery fokus memperkuat bisnis di luar negeri dengan mendorong penetrasi produk guna meningkatkan kualitas pembudidaya ikan

eFishery yang baru saja melakukan efisiensi dengan melakukan restrukturisasi organisasi atau PHK karyawan, akan mengejar kue pertumbuhan di pasar luar Indonesia. 

VP of Public Affair eFishery Muhammad Chairil mengatakan perusahaan akan melakukan pengembangan yang berfokus untuk upstream dan downstream, berupa penetrasi produk dan digitalisasi pada tahun ini.  

“Serta ekspansi ke pasar luar negeri yang secara keseluruhannya akan berdampak pada kesejahteraan para pembudidaya,” kata Chairil kepada Bisnis, Senin (29/7/2024). 

Diketahui, pada Oktober 2023 eFishery meresmikan kantor barunya di kota Kakanandia, yang dikenal sebagai pusat produksi perikanan nomor satu di India. 

Saat itu, CEO eFishery Gibran Huzaifah mengatakan ekspansinya ini berpotensi meningkatkan keuntungan petani lokal hingga 16 kali lipat per m2.

Provinsi Kakanandia merupakan pusat produksi perikanan di India. Diperkirakan ada sekitar 85% stok ikan India berasal dari provinsi tersebut.

Berdasarkan catatan Bisnis (24/9/2021), eFishery juga ingin melakukan ekspansi ke Thailand, Vietnam, China, Bangladesh, Malaysia, Jepang, Filipina, dan Korea Selatan.

eFishery berharap dalam 3 tahun ke depan atau hingga 2024 dapat hadir di 10 negara. 

Sementara itu mengenai jumlah karyawan yang terdampak oleh reorganisasi, Chairil mengatakan perusahaan masih melakukan kalkulasi. 

“Karena masih dalam proses, terkait jumlahnya akan kami informasikan lebih lanjut,” kata Chairil.

Chairil menyatakan untuk mendukung karyawan yang terdampak, perusahaan berkomitmen melakukan upaya yang terbaik, termasuk membantu mencari peluang karier.

eFishery juga menyediakan layanan konseling dan dukungan untuk membantu karyawan yang terdampak melewati masa transisi ini. Serta, perusahaan akan memberikan fasilitas transisi.

“eFishery akan membantu karyawan yang terdampak dalam mencari peluang karier baru yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka. eFishery akan membantu memfasilitasi proses transisi karyawan yang terdampak sehalus dan semudah mungkin,” ujarnya.

Chairil menuturkan bahwa keputusan PHK yang diambil eFishery telah melalui pertimbangan yang sangat matang berdasarkan restrukturisasi dan perubahan strategi bisnis perusahaan. Dia pun menyebut bahwa eFishery memahami dampaknya terhadap para individu.

Lebih lanjut, eFishery menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada seluruh karyawan yang terkena dampak langsung dari keputusan ini.

“Kerja keras, dedikasi, dan kontribusi mereka selama ini sangatlah berarti bagi eFishery. Tanpa mereka, pencapaian dan pondasi kesuksesan eFishery ini tidak akan terbangun,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper