Fiberisasi Telkomsel Capai 75% di Seluruh Indonesia pada Awal 2024

Rika Anggraeni
Jumat, 17 Mei 2024 | 12:35 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu gerai Grapari di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu gerai Grapari di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melalui dukungan TelkomGroup terus melanjutkan upaya fiberisasi di seluruh infrastruktur transmisi akses antar base transceiver station (BTS).

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan bahwa fiberisasi antar BTS ini telah mencapai di atas angka 75% di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun, pada kuartal I/2024, Telkomsel mencatat pertumbuhan fiberisasi khusus di luar Jawa telah mencapai 48% dibandingkan periode sebelumnya.

Saki menuturkan bahwa sejak bergabungnya IndiHome menjadi bagian dari Telkomsel pada Juli 2023, Telkomsel dengan dukungan TelkomGroup menghadirkan layanan fixed mobile convergence (FMC) dengan memperluas cakupan jaringan fiber.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dan mendukung digitalisasi dengan menyediakan layanan internet rumah yang andal dan berkualitas untuk semua lapisan masyarakat.

“Hingga saat ini, berdasarkan laporan tahunan Telkom tahun 2023, TelkomGroup telah menggelar jaringan fiber sepanjang 176.663 km sehingga layanan IndiHome kini telah hadir di 514 kota/kabupaten, menjangkau pelanggan hingga ke seluruh pelosok negeri,” kata Saki kepada Bisnis, Jumat (17/5/2024).

Saki mengatakan bahwa ke depan, Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik dan berkualitas kepada masyarakat Indonesia.

“Kami meyakini bahwa dengan fokus pada inovasi, kualitas layanan, dan kebutuhan pelanggan, Telkomsel dapat tetap bersaing sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Telkomsel dan TelkomGroup menyatakan akan terus berupaya memperluas cakupan jaringan fiber (fiberisasi) di seluruh wilayah Indonesia, mengakselerasi pertumbuhan pelanggan dengan strategi cross-selling dan up-selling. Perluasan cakupan jaringan fiber ini melibatkan penawaran produk-produk seperti layanan seluler Telkomsel, IndiHome, Fixed Wireless Access (FWA) Telkomsel Orbit, dan Fixed Mobile Convergence (FMC) Telkomsel One.

“Melalui kombinasi layanan-layanan tersebut, Telkomsel berharap dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin spesifik dan meningkatkan penetrasi pasar layanan internet rumah di berbagai segmen,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper