Memanas! Rusia Tambah Pasokan Tank Canggih T-90M ke Ukraina, Ini Spesifikasinya

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 13 Mei 2024 | 16:43 WIB
Tank T-90 Rusia di Suriah/Wikipedia
Tank T-90 Rusia di Suriah/Wikipedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Rusia menambah pasokan tank tercanggih di dunia T-90M ke Ukraina seiring dengan konflik kedua negara yang makin panas. 

Dalam video kunjungan Menteri Pertahanan Federasi Rusia hari ini, Mr. Sergey Shoigu, ke zona operasi militer khusus, terlihat tank T-90M dan T-72B3 dalam jumlah tak terhitung di kejauhan.

Dilansir dari Bulgarianmilitarian, tank adalah salah satu unit militer yang paling sering hilang dalam perang di Ukraina. Namun, Rusia terus mengirimkan tank dengan berbagai model dan usia ke garis depan. 

Pada akhir tahun lalu dan awal tahun ini, Rusia mengumumkan akan memproduksi setidaknya 1.600 tank T-90M. Sebagian besar dari mereka akan dikirim ke Ukraina. Hal ini memperkuat pandangan bahwa Rusia siap mengambil risiko perang panjang dengan Ukraina.

Tank T-90M Rusia
Tank T-90M Rusia

Lusinan pendapat ahli Rusia mengatakan bahwa Moskow akan berusaha untuk kembali ke konsep armada tank multi-ribu. Meskipun saat ini tidak dapat membandingkan produksi tank pada zaman Uni Soviet, tampaknya Rusia memiliki kapasitas dan keinginan untuk mencoba mengikuti jalur produksi tersebut.

T-90M adalah tank Rusia tercanggih yang berpartisipasi dalam perang. Tank-tank yang dipajang hari ini menunjukkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir Rusia telah memusatkan upaya dalam produksinya. 

Tank T-90M yang dikirim hari ini ke ke zona perang, diproduksi oleh produsen tank terbesar di Rusia – UralVagonZavod. Selama lebih dari delapan bulan, pabrik telah beroperasi dengan kecepatan penuh dan dalam beberapa shift.

Tentang T-90M

T-90M sangat berbeda dari versi T-90 dan T-90A. Berbeda dengan T-90A, T-90M memiliki sistem pengendalian tembakan Kalina serta turret baru. Meriam 125 mm T-90 juga ditingkatkan ke versi 2A46M-5, serta meriam antipesawat yang dikendalikan dari jarak jauh menjadi versi UDP T05BV-1. 

T-90M juga menyertakan batu bata Relikt ERA, bukan batu bata Kontakt-5 ERA. Peningkatan lainnya termasuk mesin V-92S2F 1.130 hp baru, sistem kontrol lingkungan yang ditingkatkan, dan sistem navigasi satelit.

T-90 dikenal karena keunggulannya dalam kinerja dan ketangguhan di medan perang. Tank ini memiliki kemampuan untuk beroperasi di berbagai kondisi medan dan cuaca.

Selain digunakan oleh Angkatan Darat Rusia, Tank T-90 juga diekspor ke beberapa negara di seluruh dunia. Negara-negara seperti India, Aljazair, dan Mesir merupakan beberapa dari pengguna T-90.

Tank T-90 adalah salah satu tank tempur terkemuka yang digunakan di dunia saat ini dan terus mengalami pengembangan untuk tetap relevan di medan perang modern.

Namun, T-90M bukanlah versi terakhir dari tank andalan darat Rusia. 

Tentara sedang memeriksa T-90M
Tentara sedang memeriksa T-90M

T-90M Proryv adalah versi terbaru dari tank ini. Rusia telah mengirimkan beberapa unit tank ini ke Ukraina dalam beberapa bulan terakhir. 

⁠⁠T-90 Proryv dilengkapi dengan sistem senjata yang ditingkatkan, termasuk meriam utama 125mm dengan kemampuan menembakkan berbagai jenis amunisi modern. Tank ini juga dilengkapi dengan perlindungan yang ditingkatkan, sistem sensor yang lebih canggih, dan sistem komunikasi modern.

T-90 Proryv adalah salah satu tank tempur modern yang menunjukkan komitmen Rusia untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan militer mereka di bidang pertahanan. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper