Apple M4 vs Apple M3, Kinerja Kecerdasan Buatan (AI) hingga CPU

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 10 Mei 2024 | 16:54 WIB
Logo Apple M4/Dok. Apple
Logo Apple M4/Dok. Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, raksasa teknologi dunia, memperkenalkan cip baru andalan Apple M4 pada acara "Let Loose”. Muncul pertanyaan mengenai kelebihannya cip baru tersebut dibandingkan generasi sebelumnya. 

Cip ini akan pertama kali digunakan pada iPad Pro terbaru mereka. iPad Pro M4 akan resmi diluncurkan pada 15 Mei 2024 yang saat ini sudah bisa dipreorder dengan harga yang dibanderol sekitar US$999 atau sekitar Rp 16 juta untuk model 11 inci dan US$1.299 atau sekitar Rp20,8 juta (kurs: Rp16.050) untuk model 13 inci.

Diprediksi cip ini merupakan cip yang sangat kuat untuk kecerdasan buatan (AI), tetapi untuk sepenuhnya membuka kemampuan AI-nya, iPad Pro memerlukan perangkat lunak yang didukung AI.

M4 memiliki kemampuan AI yang luar biasa, cip ini mampu melakukan hingga 38 triliun operasi per detik melalui Neural Engine-nya. Menurut Apple, peningkatan kecepatan ini mencapai 60 kali lipat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

"M4 dibuat dengan teknologi 3 nanometer generasi kedua yang bahkan lebih hemat daya, yang sempurna untuk desain iPad Pro baru. Dengan mesin layar yang benar-benar baru, M4 memperkenalkan teknologi pionir untuk presisi, warna, dan kecerahan layar Ultra Retina XDR yang menakjubkan," menurut tulisan postingan resmi Apple.

Mengenai kinerja CPU, pengujian internal Apple menunjukkan cip M4 dengan 28 miliar transistor melampaui M2 sebesar 50%. Apple mengatakan perangkat bertenaga M4 dapat “memberikan kinerja yang sama hanya dengan menggunakan seperempat daya.”

Belum ada informasi resmi mengenai varian dari cipset M4 ini, tetapi menurut Laptopmag, ada 3 varian yang dirumorkan akan hadir yaitu, M4 standar (dengan nama kode Donan), M4 Pro (Brava) yang lebih bertenaga, dan M4 Max (Hidra) yang berperforma paling baik. 

iPad Pro M4 mencatat skor single-core yang mengesankan dengan rata-rata sekitar 3.600, dan skor multi-core yang luar biasa lebih dari 14.500 dalam sebagian besar pengujian. Ini merupakan peningkatan sekitar 20% dibandingkan dengan skor multi-core sebesar 12.087 yang dihasilkan oleh unit MacBook Air M3.

Dalam model iPad Pro M4, varian dengan penyimpanan 256GB atau 512GB dilengkapi dengan cip M4 yang memiliki CPU 9-core, GPU 10-core, dan Neural Engine 16-core, serta memiliki RAM 8GB. 

Sedangkan untuk model dengan penyimpanan 1TB atau 2TB, cip M4 tetap menggunakan GPU 10-core dan Neural Engine 16-core yang sama, namun mendapatkan peningkatan pada CPU menjadi 10-core (4 kinerja, 6 efisiensi), serta memiliki RAM 16GB. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper