Penjelasan Bos Apple Tim Cook Soal Iklan "Crush!" iPad Pro yang Ditarik dari TV

Redaksi
Jumat, 10 Mei 2024 | 15:20 WIB
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bos Apple Tim Cook menjelaskan maksud dari iklan iPad Pro yang sempat ramai dibicarakan publik. 

Diketahui, Tim Cook mengunggah iklan iPad Pro 2024 bernama ‘Crush!” pada hari Selasa (7/5/2024) di akun X.com miliknya. 

Dilansir dari The Verge, Jumat (10/5/2024) dalam iklan tersebut memperlihatkan benda-benda seperti piano, pemutar rekaman, cat, dan karya lain yang diratakan di bawah tekanan mesin press hidrolik. Pada akhirnya, hanya satu yang tersisa yaitu, iPad Pro. 

Tim Cook menjelaskan maksud dari iklan tersebut adalah seluruh benda yang dihancurkan nantinya bisa masuk ke dalam iPad Pro yang sangat tipis. 

“Perkenalkan iPad Pro yang baru: produk tertipis yang pernah kami ciptakan, layar tercanggih yang pernah kami produksi, dengan kekuatan luar biasa dari chip M4. Bayangkan saja semua hal yang akan digunakan untuk membuatnya,” tulis CEO Apple, Tim Cook dalam postingan di X yang menyertai video tersebut.

Namun, pesan yang diterima penonton iklan berbeda. Reaksi pengguna internet terhadap iklan tersebut langsung terjadi seketika. Salah satu pengguna media sosial mengatakan di akun X miliknya "sungguh pemborosan alat-alat musik yang indah dan sebuah metafora yang sempurna tentang bagaimana kapitalisme menghancurkan seni dan seniman."

Bahkan, penduduk Jepang tampaknya menjadi pihak yang menonjol di antara para kritikus, yang menurut beberapa orang "kurang hormat." 

Beberapa orang Jepang mengatakan bahwa ini didasarkan pada "tsukumogami" - sebuah istilah dari cerita rakyat Jepang yang menggambarkan sebuah alat yang dapat berisi roh atau bahkan jiwa sendiri. 

“Tindakan menghancurkan alat-alat musik adalah arogan dan menyinggung kami orang Jepang,” salah satu orang menjelaskan, sementara yang lain mengatakan para musisi menghargai alat musik mereka “lebih dari kehidupan itu sendiri."

Menurut Ad Age, Apple tidak akan menayangkan iklan tersebut lagi di TV, walaupun iklan tersebut masih tersedia dalam YouTube dan postingan X milik Tim Cook. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper