Jangkauan Internet Pendek, Cara Menggunakan Hotspot HP Sebagai Penyambung Wi-Fi

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 6 Mei 2024 | 13:26 WIB
Logo WiFi/Dok. Kaspersky
Logo WiFi/Dok. Kaspersky
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sinyal WiFi yang berada di ruang tamu terkadang tidak dapat menjangkau ruangan atau kamar kita. Ada solusi praktis dan ekonomis untuk masalah ini dengan menggunakan hotspot smartphone Anda sebagai penyambung internet WiFi.

Meskipun Anda dapat menggunakan smartphone untuk memperluas cakupan, hal ini mungking tidak akan seefektif menggunakan repeater atau extender WiFi khusus.

Sebaliknya, ponsel Anda akan menyiarkan jaringan WiFi yang terhubung dengannya dalam jangkauan di mana hotspotnya berfungsi.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengubah perangkat mobile Anda menjadi alat penguat sinyal via hotspot:

Ubah menjadi repeater WiFi

Pastikan HP Android mendukung WiFi sharing, aktifkan WiFi dan hotspot secara bersamaan di HP Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini, dan Anda akan dapat meningkatkan jangkauan WiFi Anda dalam waktu singkat.

Aktifkan WiFi dan hotspot di ponsel Anda. Pastikan ponsel Anda terhubung ke jaringan WiFi aktif. Setelah itu, buka Pengaturan, dan dari pengaturan jaringan, ubah kata sandi hotspot. Anda akan membutuhkannya saat menyambung ke hotspot dari perangkat lain.

Selanjutnya, tempatkan ponsel Anda di tempat dengan jangkauan WiFi memadai dan cukup dekat dengan perangkat yang ingin Anda sambungkan. Sekarang, aktifkan WiFi di perangkat lain (yang ingin Anda sambungkan) dan pindai jaringan yang tersedia.

Dalam beberapa detik, hotspot ponsel cerdas Anda akan muncul dalam daftar. Ketuk, masukkan kata sandi, dan Anda sudah siap. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan sinyal di area yang bermasalah.

Jika Android Anda tidak mendukung dengan cara tadi, gunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat dengan efektif melakukan hal ini adalah PdaNet+ dari June Fabrics Technology, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Untuk menggunakan ponsel Android Anda sebagai perluasan jaringan dengan PdaNet+, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Hubungkan ponsel Android Anda ke jaringan WiFi yang ada.
2. Luncurkan aplikasi PdaNet+ dan pilih "WiFi Direct Hotspot".
3. Berikan izin yang diperlukan saat diminta.
4. Untuk jaringan yang diperluas, masukkan kata sandi WiFi dan pilih pita frekuensi Anda. Pita 2,4 GHz menawarkan kompatibilitas yang lebih luas.
5. Di perangkat lain, cari jaringan WiFi, pilih jaringan yang disebutkan di aplikasi PdaNet+, dan masukkan kata sandi.
6. Setelah terhubung, buka pengaturan WiFi, ketuk ikon roda gigi, dan pilih Advanced.
7. Ubah pengaturan Proksi ke Manual. Masukkan alamat IP dan nomor port yang ditampilkan di aplikasi PdaNet+ ke dalam kolom Proxy hostname dan Proxy port.
8. Tekan Save. Jaringan akan segera menunjukkan "Connected", yang menandakan tautan telah berhasil.

Walaupun HP Anda bisa mengaktifkan sinyal WiFi melalui hotspotnya, metode ini memiliki kinerja penerima dan pemancar yang kurang kuat jika dibandingkan dengan router atau repeater khusus.

Ini dapat mengurangi kekuatan sinyal WiFi dan jangkauan efektifnya, terutama jika terdapat banyak penghalang seperti dinding atau pintu. Meskipun begitu, Anda masih akan melihat peningkatan kekuatan sinyal di sekitar ponsel Anda, meskipun tidak sebanyak yang bisa dicapai oleh router. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper