3 Cara Mudah Hapus Data Pribadi di Google

Rika Anggraeni
Minggu, 28 April 2024 | 13:41 WIB
Pengguna Google mengamati teknologi Google AI dalam acara AI Policy & Skilling Lab di Jakarta, Selasa (5/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengguna Google mengamati teknologi Google AI dalam acara AI Policy & Skilling Lab di Jakarta, Selasa (5/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Riwayat data pribadi di mesin pencarian Google bisa dihapus dengan mudah, baik secara manual atau meminta Google secara otomatis untuk membersihkannya.

Pasalnya, segala hal yang dilakukan di Chrome, Gmail, Google Maps, YouTube, dan segala hal lain yang dimiliki Google terekam di sana. Namun setidaknya, Google menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk menghapus semua data yang telah dikumpulkan oleh Google.

Di samping itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk membersihkan catatan. Dilansir dari The Verge, Minggu (28/4/2024), berikut adalah cara mudah menghapus data pribadi di Google:

1. Kelola Data Aktivitas

Langkah pertama adalah dengan Buka halaman akun Google. Di sana, akan terlihat langganan Google, perangkat yang masuk dengan akun Google, dan sandi yang disimpan.

  • Klik ‘Data dan Privasi’ di sebelah kiri.
  • Cari pengaturan ‘Riwayat’. Nantinya akan muncul kategori utama mulai dari web dan aplikasi, lokasi, dan YouTube.
  • Klik tombol ‘Aktivitas Saya’ di bagian bawah bagian itu untuk melihat daftar lengkap data ini. Di sana akan terlihat semua kegiatan dilakukan yang telah dicatat Google.
  • Pilih ‘Filter berdasarkan tanggal & produk’ untuk membatasi hasil ke rentang tanggal tertentu atau aplikasi tertentu.
  • Klik X untuk menghapus filter.
  • Klik pada entri apa pun dalam daftar untuk melihat lebih banyak detail tentangnya jika tersedia. Anda dapat membuka video YouTube yang telah Anda tonton, misalnya, atau situs web yang telah Anda kunjungi.

2. Hapus Data

Selanjutnya, Anda dapat menghapus data di Google dengan beberapa cara berbeda, berikut caranya:

  • Jika ingin melihat daftar aktivitas lengkap, langkah yang dilakukan adalah dengan mengklik ‘Hapus’. Pada fitur ini, aktivitas yang bisa dihapus dari rentang  jam terakhir, hari terakhir, atau dalam rentang kustom. Selain itu, Anda juga dapat mengklik ‘Selalu’ untuk menghapus semua.
  • Jika Anda telah memfilter daftar berdasarkan tanggal atau produk Google, klik ‘Hapus Hasil’.

3. Hapus Data Otomatis

Cara lain menghapus data pribadi di Google bisa dilakukan secara otomatis atau menghentikan pengumpulan data sama sekali.

Caranya mudah, klik daftar aktivitas lalu pilihAktivitas Web & Aplikasi, Riwayat Lokasi, atau Riwayat YouTube. Berikut langkahnya:

  • Klik Matikan untuk menghentikan pengumpulan data dalam kategori tertentu ini. Jika Anda memilih opsi ini, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan Matikan atau Matikan dan hapus aktivitas.
  • Jika Anda memilih untuk menghapus data, Anda akan melihat pratinjau apa yang akan dihapus sebelum Anda mengonfirmasi tindakan tersebut.
  • Pilih ‘Opsi Penghapusan Otomatis’ untuk menghapus data dalam kategori ini setelah jangka waktu tertentu, mulai dari 3 bulan, 18 bulan, atau 36 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper