5 Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop Windows

Redaksi
Sabtu, 20 April 2024 | 10:00 WIB
Bocoran tampilan Windows 11/TheVerge
Bocoran tampilan Windows 11/TheVerge
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa pakai baterai menjadi perhatian utama seluruh pengguna laptop saat ini. Ada beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan seberapa lama laptop Windows Anda dapat bertahan.

Tidak peduli apakah Anda memiliki laptop Windows dengan harga murah, laptop gaming kelas atas, atau pilihan produktivitas premium yang tipis dan ringan, kemungkinan besar Anda akan sering memikirkan masa pakai baterai.

Melansir dari The Verge Sabtu (20/4/2024), Microsoft sudah menambahkan mode hemat energi untuk Windows 11 Insiders (Build 26002) yang "memperluas dan meningkatkan" opsi penghemat baterai yang ada.

Mode baru ini tidak hanya berlaku untuk laptop seperti penghemat baterai, Anda juga dapat menggunakan mode hemat energi pada komputer desktop jika ingin menghemat listrik.

Baik Anda mendapatkan antara 3-5 jam atau lebih dari 8 hingga 10 jam, kami yakin Anda ingin mendapatkan lebih banyak daya baterai.

Berikut adalah 5 tips hemat daya untuk membantu Anda.

1. Gunakan Pengaturan Daya di Windows

Salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan sedikit tambahan daya baterai pada laptop Anda adalah dengan memanfaatkan pengaturan daya yang mudah digunakan yang disediakan oleh Windows. Cukup buka Pengaturan dan pilih Opsi Daya & Baterai, lalu ubah mode Daya menjadi Efisiensi Daya Terbaik.

2. Matikan Koneksi yang Tidak Digunakan

Atur koneksi Bluetooth dan Wi-Fi untuk dimatikan jika Anda tidak menggunakannya, ini akan memberikan peningkatan daya baterai yang signifikan.

3. Kurangi Kecerahan

Menurunkan kecerahan layar akan membantu menghemat daya baterai, tetapi jangan lupakan juga untuk mematikan atau mengurangi kecerahan lampu latar keyboard Anda.

4. Kurangi Dampak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Banyak aplikasi berjalan di latar belakang tanpa Anda sadari, yang dapat mengurangi masa pakai baterai secara signifikan. Kelola aktivitas latar belakang aplikasi melalui pengaturan baterai di Windows.

5. Sesuaikan Pengaturan Grafis

Untuk pengguna laptop dengan chip grafis terpisah, Anda dapat mengatur pengaturan grafis agar chip grafis yang boros daya hanya digunakan saat diperlukan. Hal ini dapat dilakukan melalui pengaturan grafis di Pengaturan Tampilan.

Dengan mengikuti tips-tips sederhana ini, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai laptop Windows Anda dan mengurangi kekhawatiran tentang daya baterai yang cepat habis. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper