BRIN Perkirakan 1 Ramadan Jatuh Pada 12 Maret 2024

Reyhan Fernanda Fajarihza
Jumat, 8 Maret 2024 | 16:24 WIB
Siluet anggota tim Hisab Rukyat memantau hilal di Jakarta. Bisnis/Abdurachman
Siluet anggota tim Hisab Rukyat memantau hilal di Jakarta. Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan bahwa 1 Ramadan 1445 H akan jatuh pada 12 Maret 2024.

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Astronomi BRIN, Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa tinggi Bulan atau hilal pada penghujung bulan Syakban diperkirakan belum akan memenuhi kriteria baru hasil kesepakatan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) pada 2021 lalu.

“Penerapan kriteria baru MABIMS berdampak pada perubahan dalam penghitungan dan penetapan awal bulan Hijriah,” katanya di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Kriteria hilal untuk menentukan awal bulan Hijriah adalah ketinggian 2 derajat, elongasi 3 derajat, dan umur bulan 8 jam. Namun, berdasarkan kesepakatan MABIMS yang ditandatangani pada 2021 dan diterapkan sejak 2022, kriteria hilal berubah menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. 

Menurut Thomas, perubahan itu berpengaruh terhadap penentuan awal bulan Hijriah, terutama di Indonesia yang menggunakan metode hisab (penghitungan) dan rukyat (pengamatan). Dalam kajian astronomi, keduanya dinilai setara. 

“Metode rukyat hilal diterapkan pada tanggal 29 Hijriah untuk melaksanakan contoh Rasul. Agar rukyat akurat, arahnya dibantu dengan hasil hisab. Agar hisab merujuk juga pada contoh Rasul, maka kriterianya dibuat sesuai dengan hasil rukyat jangka panjang, berupa data visibilitas hilal atau imkan rukyat,” jelasnya.

Dirinya berpendapat, penerapan rukyat dan hisab bisa dipersatukan dengan kriteria visibilitas hilal itu. Perbedaan awal bulan Hijriah seperti Ramadan, Syawal, dan Zulhijah dinilainya bukan karena penerapan hisab dan rukyat, melainkan karena perbedaan kriteria hilal. 

Adapun, dilansir dari laman resminya, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024 sore WIB. Sidang Isbat akan dihelat di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat.

Penentuan hilal ini bertepatan dengan 29 Syakban 1445 H dan dilakukan di 134 titik di seluruh Indonesia. Nantinya, hasil pemantauan hilal tersebut menentukan kapan dimulainya awal puasa Ramadan.

Adapun, apabila merujuk kalender hijriah yang dirilis Kemenag, perkiraan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper