Innovation Day Medan: Schneider Tampilkan Teknologi Unggulan, Ada Robot Canggih

Andhika Anggoro Wening
Rabu, 6 Maret 2024 | 15:51 WIB
Innovation Day Medan: Schneider Tampilkan Teknologi Unggulan, Ada Robot Canggih
Innovation Day Medan: Schneider Tampilkan Teknologi Unggulan, Ada Robot Canggih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Schneider Electric menggelar acara Innovation Day Medan 2024 menampilkan beragam solusi digital dan otomasi yang dapat mendukung akselerasi pengembangan kota dan industri hijau di Sumatera Utara.

Schneider Electric di acara tersebut juga mengumumkan kerja sama strategis dengan Anak Teknik Indonesia, INKINDO DPP Sumatera Utara dan AKLI DPD Sumatera Utara untuk pengembangan kompetensi SDM digital.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif Impact Maker Schneider Electric dimana perusahaan mengajak customer, mitra, komunitas, dan pemangku kebijakan untuk mengakselerasi aksi iklim, mengubah ambisi menjadi aksi dalam kaitan otomasi, elektrifikasi, dan digitalisasi.

Innovation Day Medan 2024 ditujukan untuk berbagi trend teknologi terbaru, wawasan dan pengalaman Schneider Electric dalam membantu sektor bisnis mentransformasi bisnis dan operasional menjadi lebih cerdas, dan sustainable.

Acara ini menghadirkan para pemimpin industri sebagai pembicara, dan menampilkan beragam solusi digital dan otomasi terintegrasi, antara lain solusi otomasi operasional berlandaskan software centric automation, sistem robotik kolaboratif, sistem manajemen bangunan cerdas hingga pengelolaan data berbasis edge computing yang lebih lincah, andal dan sustainable.

“Pada Innovation Day kali ini, Schneider Electric ingin mengajak para pelaku industri untuk memulai perjalanan transformasinya menuju industri hijau dan membagikan kunci sukses transformasi yang kami rangkum dalam tiga tahapan penting, yaitu Strategize, Digitize dan Decarbonize," ujar Martin Setiawan, Industry Business Vice President Schneider Electric dalam keterangan tertulis, Rabu (6/3/2024).

Para pelaku industri juga dapat berkonsultasi dengan para konsultan terkait solusi-solusi inovatif, dimana salah satu inovasi terbaru yaitu EcoStruxure Automation Expert.

Schneider juga meluncurkan sistem otomasi industri pertama berbasis software centric automation dengan menghilangkan hambatan perbedaan standarisasi sistem dari perangkat-perangkat yang ada. Serta Lexium Cobot (robot kolaboratif) yang sangat efisien, fleksibel, mudah diintegrasikan dalam ekosistem yang kompleks dan didesain untuk melakukan pekerjaan kolaboratif bersama manusia.

Beberapa solusi unggulan Schneider Electric yang ditampilkan pada Innovation Day Medan, yaitu:

EcoStruxure™ Automation Expert, sistem otomasi industri pertama berbasis software centric automation dengan standar IEC61499. Solusi ini dapat menghilangkan hambatan yang selama ini acap kali terjadi akibat perbedaan standarisasi sistem dari teknologi yang digunakan, mempermudah integrasi antara OT dan IT, dan memberikan fleksibilitas dalam peningkatan kapasitas yang dibutuhkan.

Solusi ini juga dapat membantu pelaku industri memikirkan ulang rekayasa dengan pendekatan berpusat pada perangkat lunak yang memberikan kebebasan yang luas bagi teknisi untuk berinovasi dan berfokus pada penambahan ​yang bernilai tinggi, memudahkan dilakukannya perubahan dalam merancang dan mengonfigurasi ulang proses sekaligus, memiliki portabilitas dan interoperabilitas yang lebih baik, mendorong efisiensi teknik dan efektivitas operasional hingga 100%.

Lexium Cobot, dirancang untuk bekerja bersama manusia sebagai bagian dari sistem robotik yang terintegrasi penuh untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas serta mengurangi waktu henti. Lexium Cobots (Robot Kolaboratif) melakukan tugas-tugas yang monoton, membosankan, berulang, atau menuntut fisik. Mereka dapat bekerja di lingkungan yang berbahaya bagi manusia dan dapat dengan mudah diterapkan pada lini produksi yang sudah ada atau yang baru di berbagai industri yang berbeda.

EcoStruxure™ Building, arsitektur berbasis Internet of Things untuk modernisasi dan pengembangan infrastruktur manajemen bangunan yang cerdas. EcoStruxure Building menghubungkan perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang dapat membuat bangunan: (a) Lebih cerdas: memberikan visibilitas dan wawasan di seluruh sistem dan akses informasi yang dapat ditindaklanjuti untuk pengambilan keputusan yang tepat sasaran, (b) Lebih efisien: Meningkatkan efisiensi bangunan untuk mengurangi konsumsi energi dan biaya hingga 30 persen, (c) Lebih nyaman: Menciptakan fasilitas modern yang meningkatkan produktivitas dan meningkatkan nilai bangunan

EcoStruxure™ Micro Data Center Seri R, memungkinkan perangkat TI dan OT yang kritikal bekerja lebih dekat ke tempat penggunanya. EcoStruxure™ Micro Data Center Seri R menyediakan solusi yang lengkap seperti cooling, UPS, sistem keamanan, remote monitoring; mudah digunakan, dan mudah dikelola - disesuaikan untuk penggunaan industri dan didesain khusus untuk penggunaan di lingkungan pabrik dan gudang yang membutuhkan performa perangkat data center yang tangguh dengan lingkup ruangan yang terbatas. Dengan fitur remote monitoring, staf TI dapat memantau performa micro data center darimana saja dan kapan saja sehingga memudahkan staf TI dalam melakukan pekerjaan dan meningkatkan produktivitasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper