Penjelasan META soal Instagram Down dan Tudingan Adanya Hack

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 6 Maret 2024 | 07:14 WIB
Cara download video Instagram reels dengan mudah./ Pexels
Cara download video Instagram reels dengan mudah./ Pexels
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi Instagram dan Facebook yang berada di bawah naungan Meta Platform Inc mengalami masalah pada Selasa (5/3/2024) malam.

Ribuan pengguna dari seluruh dunia mengeluhkan akun media sosial mereka eror dan tak bisa digunakan. Mereka pun berbondong-bondong pergi ke Twitte untuk melakukan pengecekan.

Benar saja, Instagram dan Facebook tak bisa digunakan selama beberapa saat pada Selasa (5/3) malam.

Masalah yang terjadi yakni halaman terus reload, tak bisa login, hingga otomatis keluar dari aplikasi.

Melansir dari independent, tagar #CyberAttack sempat menggema di Twitter karena digaungkan oleh warganet.

Mereka mengklaim bahwa masalah yang terjadi kepada Instagram dan Facebook terjadi karena adanya serangan siber atau #CyberAttack.

Namun beberapa saat setelah eror terjadi, Juru Bicara Meta Platform, Andy Stone menuturkan kejadian tersebut terjadi akibat isu teknis.

Sayangnya dia tidak menjelaskan lebih lanjut isu teknis yang dihadapi oleh Instagram dan Facebook, sehingga menyebabkan kegagalan sistem.

"Hari ini, sebuah masalah teknis menyebabkan beberapa orang mengalami masalah mengakses servis kami. Kita sudah menyelesaikan isu tersebut secepat yang kami bisa untuk mereka yang terkena dampaknya. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," tulisnya dalam akun Twitter @andymstone.

Berdasarkan pantauan dari X, dahulu bernama Twitter, tagar #instagramdown dan #facebookdown menjadi trending topic dengan jumlah unggahan mencapai masing-masing 206.000 dan 198.000 postingan.

Masih ada pengguna yang mengeluhkan eror

Meskipun masalah sudah diselesaikan dengan cepat, nampaknya banyak pengguna yang masih belum bisa mengakses akun media sosial mereka setelah META mengklaim sudah tak lagi ada masalah dengan sistem mereka. 

"Meskipun banyak orang yang mampu mengakses internet, permasalahan masih tetap ada. Ada yang tidak bisa online atau mengalami masalah lain," tulis laporan dari independent.co.uk, dikutip Bisnis pada Rabu (6/3/2024).

Situs web pelacakan Down Detector menunjukkan penurunan laporan masalah. Namun, sekali lagi, masalah tersebut belum hilang seluruhnya.

"Dan halaman status Meta untuk produk bisnis tidak lagi berwarna kuning (seperti di bawah) tetapi ada yang berubah menjadi hijau, untuk menunjukkan “tidak ada masalah yang diketahui”, dan ada pula yang berubah menjadi merah, untuk “gangguan besar”," lanjut laporan tersebut pada Selasa malam. 

Kerugian META...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper