Telkomsel, Indosat dan XL Axiata Rilis Program Loyalitas, Ini Perbedaannya

Crysania Suhartanto,Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 22 Februari 2024 | 09:30 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang menggunakan layanan internet operator/Freepik.
Ilustrasi seorang wanita yang menggunakan layanan internet operator/Freepik.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menghadirkan program loyalty atau program loyalitas untuk membuat pelanggan makin nyaman dan rajin dalam menggunakan layanan perusahaan. 

Program loyalitas merupakan strategi pemasaran yang dirancang untuk mendorong pelanggan agar terus berbelanja atau menggunakan layanan bisnis yang terkait. Dalam konteks operator seluler, artinya program loyalitas ini mengarah pada penggunaan layanan internet. 

SVP Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan program loyalitas Indosat berbeda dengan operator lain. Perusahaan membuka program ini untuk siapapun, tidak terbatas pada pelanggan eksisting Indosat. Setiap peserta pun memiliki peluang menang yang besar. 

Tidak hanya itu, lanjut Steve, Indosat juga tidak menerapkan sistem penukaran poin. Setiap pelanggan yang terlibat, dan nomornya terdaftar sebagai pelanggan Indosat, akan masuk kedalam pengundian dan berpeluang memenangkan hadiah. 

“Kami menghilangkan sistem point karena kami melihat ada pelanggan yang ingin menjadi pelanggan setia tetapi justru diberi syarat dan ketentuan. Kami lebih pada pelanggan berkualitas  berbasis pada isi ulang [pulsa], paket data, makin sering beli makin terbuka peluang,” kata Steve kepada Bisnis, Kamis (22/2/2024). 

Steve juga mengatakan bahwa pemenang program loyalitas tidak terbatas pada pelanggan yang banyak transaksi. Namun seluruh pelanggan, baik pelanggan baru maupun pelanggan lama. Program ini juga tidak mengincar pada wilayah tertentu, pelanggan di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Timur Indonesia memiliki peluang yang sama. 

Untuk diketahui, Indosat melalui brand IM3 menggelar Program Pesta Hadiah ditujukan bagi seluruh pelanggan IM3 baik pengguna baru, maupun pengguna lama yang telah melakukan aktivasi produk Kartu Perdana IM3 apapun, aktivasi paket, atau melakukan pembayaran tagihan IM3 Postpaid minimal senilai Rp50.000 untuk mendapatkan tiket Pesta Hadiah.

Pemenang Utama Pesta Hadiah IM3
Pemenang Utama Pesta Hadiah IM3
 

Sementara itu, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) juga memiliki program loyalitas. Telkomsel mengungkapkan program loyalitas yang berjalan sejak 2007 atau 17 tahun lalu, telah membantu perusahaan dalam meraih pelanggan berkualitas dan menekan angka keluar-masuk (churn) pelanggan. 

GM Loyalty & Device Partnership Management Telkomsel Lolyta Sihite mengatakan konsistensi perusahaan dalam menggelar program loyalitas membantu Telkomsel dalam mempertahankan para pelanggan loyal mereka di tengah persaingan ketat industri telekomunikasi. 

Program loyalitas berhasil menekan angka churn di perusahaan. Sayangnya, Lolyta tidak menyebutkan angka churn di perusahaan saat ini. 

“Program ini diikuti oleh pelanggan loyal kami, yang dilihat dari beberapa indikator seperti average revenue per user (ARPU),  payload, churn, dan lain sebagainya. Itu yang selalu kami pantau dan hingga saat ini itu masih sesuai dengan obyektif kami,” kata Lolyta.

Telkomsel menggelar pengundian dan pengumuman pemenang Program Undian Poin Festival 2023 sebagai puncak acara dari rangkaian Poin Festival 2023 yang telah berlangsung sejak tanggal 1 November hingga 31 Desember 2023, yang dapat diikuti oleh seluruh pelanggan Telkomsel dan IndiHome.

Motor Vespa sebagai salah satu hadiah di Telkomsel Point
Motor Vespa sebagai salah satu hadiah di Telkomsel Point

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) meluncurkan program reward untuk para pelanggan prabayar XL Poin. Program inipun diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, pengguna MyXL, sekaligus mendapatkan pelanggan baru. 

Group Head Mass Segment XL Lyra Filiola mengatakan kehadiran XL Poin juga akan memberikan personalisasi dan benefit sesuai dengan referensi masing-masing pelanggan. 

“Ini tentunya hanya dapat didapatkan jika mereka punya kartu XL, tetapi kalau orang di luar XL mendengar hal ini, mereka diharapkan dapat ikut menggunakan XL karena bisa di redeem dengan banyak benefit.,” ujar Lyra kepada Bisnis, Rabu (24/1/2024).

Lyra menjelaskan, cara kerjanya adalah setiap pelanggan prabayar melakukan pembelian baik online maupun offline, mereka akan mendapatkan poin tertentu. 

Adapun besaran poin akan bergantung pada jenis tier di MyReward XL. Makin tinggi tiernya, konversi poin yang didapatkan juga akan makin banyak. “Tentunya, pelanggan yang berada di tier tertinggi, dia mendapatkan poin lebih banyak,” ujar Lyra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper