Prabowo Mau Gandeng Pihak Luar, Siapkan Teknologi Bantu Masyarakat Disabilitas

Crysania Suhartanto
Minggu, 4 Februari 2024 | 20:56 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto saat Debat Capres Terakhir yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (4/2/2024). Youtube Bisnis.com
Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto saat Debat Capres Terakhir yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (4/2/2024). Youtube Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto akan bekerja sama dengan perusahaan asing untuk membuat teknologi yang dapat membantu orang dengan disabilitas untuk hidup layaknya orang normal.

“Sekarang juga bekerja sama dengan pihak-pihak luar untuk cari teknologi, untuk membantu kaum disabilitas antaralain untuk membantu mereka yang penglihatannya berkurang,” ujar Prabowo dalam debat capres terakhir, Minggu (4/2/2024).

Menurutnya, dengan adanya teknologi tersebut, mereka akan dapat lebih mudah untuk mendapat pekerjaan dan memiliki kehidupan yang lebih layak.

Namun memang, Prabowo mengatakan perlu ada keberpihakan yang lebih besar dari pemerintah terkait masalah ini.

Selain itu, Prabowo juga menyarankan pemerintah untuk lebih berkomitmen untuk merekrut masyarakat dengan disabilitas untuk pekerjaan yang dapat mereka lakukan di pemerintahan dan komunitas pertahanan.

Berdasarkan catatan Bisnis, International Labor Organization (ILO) mencatat sekitar 15 persen dari jumlah penduduk di dunia adalah penyandang disabilitas lebih dari satu miliar orang. Mereka terbilang kelompok minoritas terbesar di dunia.

Masalahnya, sekitar 82 persen dari penyandang disabilitas berada di negara-negara berkembang dan hidup di bawah garis kemiskinan dan kerap kali menghadapi keterbatasan akses atas kesehatan, pendidikan, pelatihan dan pekerjaan yang layak.

Padahal, data tersebut menemukan, negara yang mengucilkan penyandang disabilitas dari angkatan kerja berpotensi kehilangan PDB sebesar 3 hingga 7 persen.

Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, proporsi pekerja dengan disabilitas di Indonesia sebesar 0,53% pada 2022. Angka tersebut meningkat 0,12% poin dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 0,21%.

Menurut jenis kelaminnya, proporsi pekerja laki-laki dengan disabilitas sebesar 0,54% pada 2022. Persentase itu lebih tinggi dibandingkan di antara pekerja perempuan yang sebesar 0,52%.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat capres terakhir alias yang kelima pada hari ini, Minggu (4/2/2024).

Ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan beradu ide dan gagasan serta menjawab pertanyaan yang telah disediakan panelis.

Tema debat capres kelima pada hari ini adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Hal-hal tersebut dinilai menjadi poin yang penting bagi masyarakat untuk menilai visi dan misi masing-masing capres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper