XL Axiata (EXCL) Ramal Lalu Lintas Data Nataru Naik 20% YoY

Crysania Suhartanto
Senin, 18 Desember 2023 | 14:56 WIB
Teknisi sedang melakukan perbaikan jaringan/dok. XL Axiata
Teknisi sedang melakukan perbaikan jaringan/dok. XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memprediksi traffic pada momentum Natal dan Tahun Baru 2024 akan melonjak hingga 2-3 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa dan naik 20% dibandingkan dengan momen yang sama tahun lalu.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan XL pun tengah menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar daripada hari normal agar penggunaan internet dapat tetap aman.

“Persiapan jaringan meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat,” ujar Gede dalam rilisnya, dikutip Senin (18/12/2023).

Gede mengatakan, untuk beberapa area pergerakan yang sudah diidentifikasi akan memiliki traffic tinggi seperti jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatra akan diberikan perhatian khusus, dengan dihadirkannya rekayasa jaringan.

Diketahui, rekayasa jaringan yang dilakukan ini berupa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.

Lebih lanjut, kata Gede, XL juga akan mengarahkan sekitar 57 armada Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik, seperti jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara. 

Adapun berdasarkan tinjauan XL, Gede mengatakan kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok. 

“Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan ini, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa,” imbuh Gede.

Sebagai informasi, selama setahun terakhir XL tengah meningkatkan jumlah BTS dan peningkatan kualitas di seluruh Indonesia. 

Pada kuartal III/2023, jumlah BTS 4G XL sudah mencapai 103.408 unit. Angka inipun meningkat 14,6% dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni sebanyak 90.174 unit.

Tidak hanya itu, untuk jaringan  Fixed Mobile Convergence (FMC), XL juga telah melakukan optimasi dengan penambahan kapasitas, karena diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik lebih dari 21% dari hari normal.  

Diketahui, saat ini tercatat ada lebih dari 235.000 pelanggan layanan FMC XL di lebih dari 75 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. 

Lebih lanjut, Gede mengatakan XL juga sudah mempersiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS di daerah.

Alhasil, karyawan XL yang ada di lapangan akan siaga selama 24 jam pada masa Nataru ini. Selain itu juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.

Oleh karena persiapan yang begitu matang ini, Gede optimis kualitas layanan data selama liburan panjang nanti akan tetap prima dan pelanggan akan tetap mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper