L4S Teknologi Internet Tahap Lanjut Kolaborasi Ericsson dan Nokia Rilis 2024

Redaksi
Selasa, 12 Desember 2023 | 16:16 WIB
Ilustrasi konentivitas internet/unsplash
Ilustrasi konentivitas internet/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Insinyur dan perusahaan besar seperti Nokia, Ericsson, hingga Google sedang mengembangkan teknologi bernama L4S yang dapat membantu Web berjalan lebih cepat.  

Sejumlah perusahaan besar yang terdiri dari Apple, Google, Comcast, Charter, Nvidia, Valve, Nokia, Ericsson, dan perusahaan induk T-Mobile Deutsche Telekom berencana untuk mengurangi latensi dengan standar internet baru.

Teknologi L4S untuk mengatasi pemuatan yang sangat lambat, misalnya video YouTube HD harus berhenti dan melakukan buffering saat membuka video, bahkan ketika sedang melakukan panggilan video, Internet jaringan sering terputus.

Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah latensi atau waktu yang diperlukan perangkat Anda untuk mengirim data ke server dan mengambil data tersebut. 

Dikutip dari The Verge, Selasa (12/12/2023), kabar baik adalah ada rencana untuk menghilangkan latensi dan perusahaan besar sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan L4S yang akan diselesaikan dan dirilis pada Januari 2024 . 

Dengan adanya L4S, hal ini dapat mengurangi waktu tunggu untuk memuat halaman web atau feed, serta mengurangi gangguan selama panggilan video.  

Pengguna internet sedang mengukur kecepatan data
Pengguna internet sedang mengukur kecepatan data

Tak hanya itu, L4S dapat membantu mengubah cara kita berpikir tentang kecepatan Internet dan membantu pengembang membuat aplikasi yang tidak mungkin dilakukan dengan realitas Internet saat ini.

Perlu diketahui, Internet adalah serangkaian tabung jaringan luas yang terdiri dari router, saklar, serat, dan lainnya yang saling berhubungan yang menghubungkan perangkat Anda ke server di suatu tempat.

Bukan hanya Latensi, terdapat banyak potensi hambatan server yang menghosting video yang ingin Anda tonton mungkin memiliki kapasitas pengunduhan yang terbatas, bagian penting dari infrastruktur Internet mungkin tidak berfungsi, yang berarti data harus melakukan perjalanan lebih jauh untuk mencapai komputer Anda. 

Hal ini menyulitkan server dalam memproses data, dan lain-lainnya.  

Yang paling menarik adalah jaringan dengan kapasitas terendah dalam rantai memberikan batasan terhadap dari apa yang mungkin dilakukan. 

Anda dapat terhubung ke server tercepat yang dapat dibayangkan melalui koneksi 8Gbps, dan jika router Anda hanya dapat menangani data 10Mbps dalam satu waktu. 

Sebagai informasi, L4S adalah komponen inti dari spesifikasi DOCSIS latensi rendah, yang juga diadopsi oleh banyak teknologi jaringan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper