10 Istilah AI yang Wajib Diketahui, Generative AI hingga Plugins

Redaksi
Kamis, 30 November 2023 | 14:13 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kecerdasan Buatan atau artificial intelligence (AI) terus dikembangkan oleh berbagai perusahaan. Mereka bahkan menciptakan produk AI melalui berbagai fitur, termasuk chatbot.

Chatbot AI dari OpenAI yang memiliki kemampuan luar biasa untuk menjawab pertanyaan apapun disebut ChatGPT, saat ini merupakan alat berbasis AI terpopuler yang telah dirilis pada November 2022.

ChatGPT, alat ini dapat membantu Anda dalam tugas seperti menulis puisi, resume, hingga rencana liburan.

Namun, butuh waktu hingga akhir tahun 2022 bagi sebagian besar orang di luar industri teknologi untuk mulai membicarakan AI.

Perlu diingat, Chatbot AI hanyalah salah satu bagian dari dunia AI. Dengan adanya AI dapat memanfaatkan ChatGPT untuk mempermudah pekerjaan adalah tren yang sedang berkembang.

Ini semua karena kemajuan terbaru dalam pembelajaran mesin membawa kita ke tingkatan baru. terobosan besar dengan dampak besar pada hampir setiap aspek kehidupan.

Seiring dengan terbiasanya masyarakat dengan dunia AI, tentunya istilah-istilah baru akan bermunculan di mana-mana.

Berikut istilah-istilah AI yang perlu Anda ketahui:

1.Pembelajaran mesin (Machine learning / ML)

Jika AI adalah tujuannya, maka machine learning adalah cara kita mencapainya. Pembelajaran mesin adalah bidang komputasi AI, manusia mengajarkan sistem komputer bagaimana melakukan sesuatu, melatih mereka untuk mengidentifikasi pola dan membuat prediksi berdasarkan pola tersebut.

Data dijalankan berulang kali melalui algoritme, setiap kali memberikan masukan dan umpan balik yang berbeda untuk membantu mesin mempelajari dan meningkatkan kinerja selama pelatihan.

Nah, itulah mengapa large language model (LLM) yang menggunakan machine learning seperti Bing Chat dan ChatGPT.

2. Model bahasa besar (Large language model / LLM)

Large language models (LLM) menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk membantu memproses bahasa, sehingga dapat meniru cara manusia berkomunikasi.

LLM merupakan sistem komputer yang terinspirasi oleh otak manusia, seperti sekumpulan node dan koneksi yang mensimulasikan sel-sel neuron dan sinapsis di otak manusia

Model dilatih menggunakan teks berjumlah besar untuk mempelajari pola dan hubungan dalam bahasa, guna membantu model menggunakan kata-kata manusia.

Kemampuan pemecahan masalah mereka dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa, menjawab pertanyaan dalam bentuk chatbot, merangkum teks, dan bahkan menulis cerita, puisi, serta code komputer.

3. Generative AI

Generative AI memanfaatkan kekuatan large language models untuk membuat hal baru, bukan hanya mengulang atau memberikan informasi yang sudah ada.

Tak hanya itu, generative AI mempelajari pola dan struktur, dan kemudian menghasilkan sesuatu yang mirip namun baru. Generative AI dapat membuat hal-hal seperti gambar, musik, teks, video, dan code. Ia dapat digunakan untuk membuat karya seni, menulis cerita, mendesain produk, dan bahkan membantu dokter mengerjakan tugas administratif.

Namun, ia juga dapat digunakan oleh aktor jahat untuk membuat berita palsu, atau gambar yang terlihat seperti foto tetapi tidak nyata. Hal ini dikarenakan perusahaan teknologi sedang mengembangkan cara untuk mengidentifikasi konten yang dihasilkan AI dengan jelas.

4. Artificial intelligence (AI)

AI adalah sistem komputer yang sangat cerdas, yang dapat meniru manusia dalam beberapa hal.

Sebagai contoh, memahami apa yang disampaikan orang, membuat keputusan, menerjemahkan bahasa, menganalisis apakah sesuatu bernada negatif atau positif, dan bahkan belajar dari pengalaman.

Sifatnya buatan karena kecerdasannya dibuat oleh manusia menggunakan teknologi. Kadang orang mengatakan sistem AI memiliki otak digital, tetapi AI bukanlah mesin atau robot fisik.

AI adalah program yang berjalan di komputer. Sistem bekerja hanya dengan memasukkan koleksi data yang sangat besar melalui algoritma yang merupakan serangkaian instruksi untuk membuat model.

5. Responsible AI

Responsible AI memandu manusia kala mencoba merancang sistem yang aman dan adil di setiap level, termasuk model machine learning, perangkat lunak, user interface, serta aturan dan batasan yang diberlakukan untuk mengakses aplikasi.

Praktik Responsible AI adalah elemen penting karena sistem AI sering ditugaskan untuk membantu membuat keputusan penting yang menyangkut manusia, seperti dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

Namun, karena AI dibuat oleh manusia dan dilatih menggunakan data dari dunia yang tidak sempurna, AI dapat mencerminkan bias tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper