Telkomsel Ventures Fokus Ciptakan Nilai Sinergi Ketimbang Pendanaan

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 24 November 2023 | 10:29 WIB
Chief Investment Officer Telkomsel Ventures William Gozali memaparkan mengenai rencana investasi Telkomsel Venture/dok. Telkomsel
Chief Investment Officer Telkomsel Ventures William Gozali memaparkan mengenai rencana investasi Telkomsel Venture/dok. Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel Ventures berfokus pada penciptaan nilai sinergi dalam mendukung pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup. Perusahaan yang awalnya bernama TMI ini tak akan banyak bermain pada pendanaan. 

Chief Investment Officer Telkomsel Ventures William Gozali mengatakan strategi tersebut telah diterapkan perusahaan sejak 2019. Sejauh ini, upaya yang dilakukan Telkomsel, mendapat respons positif. 

“Mereka (startup) ingin kolaborasi dahulu baru funding (pendanaan). Jadi itu yang kami lihat dan itu menjadi suatu indikator seberapa menarik kolaborasi. Jadi terlepas mau funding atau tidak, yang penting kolaborasi,” kata William kepada Bisnis, Kamis (24/11/2023). 

Diketahui, saat ini Telkomsel memiliki sekitar 158 juta pengguna. Dalam memberikan layanan kepada para pelanggannya, Telkomsel menghadirkan berbagai inovasi dan membangun ekosistem, yang memungkinkan startup yang tergabung dalam portofolio Telkomsel untuk terlibat dalam melayani ratusan juta pelanggan tersebut. 

Sementara itu, VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, and Strategic Marketing Telkomsel  Endra Diputra mengatakan bahwa Telkomsel memiliki aset yang sangat besar, yang dapt dioptimalkan bersama perusahaan rintisan. 

Menurutnya, terkadang perusahaan rintisan dapat memberikan sudut pandang berbeda dalam melihat aset Telkomsel, yang dapat dioptimalkan oleh keduanya. 

“Tinggal di kami sudah ada idenya dan ada potensinya Apakah kami Telkomsel bisa membuka itu atau tidak, itu tantangan buat kami bersama-sama. Harusnya model dukungan ini menarik, jadi tidak hanya memberi uang tetapi di belakang itu ada banyak hal yang bisa dikolaborasikan,” kata Endang. 

Endang berpendapat bahwa langkah ini tidak akan membatasi perusahaan rintisan untuk tumbuh, dengan masuk ke ekosistem Telkomsel.

Sekadar informasi, Telkomsel Ventures merupakan anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang investasi dan didirikan pada 2019. 

Telkomsel Ventures memiliki fokus untuk melakukan aktivitas investasi serta proses sinergi dan kolaborasi di berbagai unit bisnis Telkomsel, guna mendorong aspek transformasi digital perusahaan dalam rangka mengakselerasi pengembangan berbagai layanan baru, meningkatkan pengalaman pelanggan dan optimalisasi proses bisnis perusahaan. 

Hingga saat ini, Telkomsel Ventures telah mendukung 17 start-up. Telkomsel Ventures berkomitmen mengakselerasi pertumbuhan berbagai startup yang diinvestasikannya dengan membuka peluang melalui sinergi pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas Telkomsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper