6 Perbedaan Fire TV Stick 4K dengan Fire TV Stick 4K Max

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 | 18:56 WIB
Fire TV Stick 4K
Fire TV Stick 4K
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Amazon.com, Inc., perusahaan teknologi asal Amerika, menghadirkan perangkat streaming baru yakni Fire TV Stick 4K dan Fire TV Stick 4K Max . Keduanya mempunyai beberapa perbedaan. 

Dikutip dari androidpolice, Kamis (2/11/2023), satu-satunya perbedaan antara versi reguler dan Max terletak pada remote yang disertakan. Sementara 4K Fire TV Stick standar mendapatkan Alexa Voice Remote, versi Max hadir dengan Alexa Voice Remote Enhanced. 

Meskipun kedua remotenya identik, versi remote Enhanced memiliki tombol saluran untuk mengubah saluran TV Langsung.

Oleh karena itu, Fire TV Stick 4K (2023) dan Fire TV Stick 4K Max (2023) dari Amazon memiliki beberapa peningkatan untuk menjadikannya lebih cepat dan siap untuk streaming modern dan lanskap rumah pintar.

Lantas apa saja perbedaan Amazon Fire TV Stick 4K dan Fire TV Stick 4K Max? Simak di bawah ini ya! 

1.Prosesor

Perbedaan terbesar antara versi standar dan Max adalah chip yang menggerakkannya. Model Max hadir dengan CPU quad-core Mediatek MT8696T dengan clock 2 GHz dan GPU 850 MHz, sedangkan model standar dilengkapi dengan CPU quad-core Mediatek MT8696D dengan clock 1,7 GHz dan GPU 650 MHz.

2. Kinerja

Peningkatan kecepatan yang dikombinasikan dengan RAM 2 GB pada Fire TV Stick 4K Max akan menghasilkan kinerja yang lebih cepat, waktu muat aplikasi yang lebih singkat, dan transisi yang lebih cepat. Ini tidak berarti standar 4K akan lamban atau lamban. Anda hanya akan mendapatkan performa terbaik dengan menggunakan versi Max.

3. Konektivitas

Fire TV Stick 4K Max (2023) memiliki trik lain dalam bentuk konektivitas Wi-Fi 6E. Jika Anda memiliki router Wi-Fi 6E, ini akan membantu Anda menjalankan fungsi jaringan yang lebih baik tanpa khawatir akan menutup jaringan Wi-Fi Anda dari orang lain di rumah saat Anda menonton acara favorit. 

4. Ruang Penyimpanan 

Anda juga mendapatkan penyimpanan sebesar 16GB di Fire TV Stick 4K Max, dibandingkan dengan hanya 8GB di Fire TV Stick 4K. Penyimpanan tambahan akan membantu Anda menginstal perangkat lunak dan menyimpan file media secara lokal.

5. Perangkat Keras, Jarak Jauh, dan Keluaran Video

Fire TV Stick 4K (generasi ke-2) dan Fire TV Stick 4K Max (generasi ke-2) identik dalam hal perangkat keras streamer. Keduanya memiliki desain baru yang sama dengan sudut membulat. Anda tidak akan bisa membedakannya hanya dengan melihat dan merasakan keduanya.

Kedua media ini dapat menghasilkan output dalam 720p, 1080p, dan 4K hingga 60fps, tergantung pada layar yang terhubung dengannya. 

Jadi, apapun stik Fire TV 4K yang Anda beli, Anda dapat menikmati konten 4K dari Netflix, Prime Video, Disney, dan layanan streaming lainnya tanpa masalah. Keduanya juga mendukung format HDR populer yang sama, antar lain HDR10, HDR10+, Dolby Vision, dan HLG.

Satu-satunya perbedaan antara model standar dan Max adalah remote control. Versi Fire TV Stick 4K standar mendapatkan Alexa Voice Remote, sedangkan versi Max hadir dengan Alexa Voice Hapus Enhanced. 

Meskipun kedua remote pada dasarnya sama, versi Enhanced ini memiliki tombol saluran untuk mengubah saluran TV Langsung.

6. Perangkat Lunak

Bagian dari jajaran Fire TV Stick, Fire TV Stick 4K dan Fire TV Stick 4K Max menjalankan perangkat lunak Fire OS 8 yang sama. 

Ini didasarkan pada Android 11 dan dilengkapi dengan App Store perusahaan untuk kebutuhan aplikasi. Anda tidak mendapatkan akses ke layanan atau aplikasi Google. 

Namun pilihan Amazon App Store cukup bagus, dan Anda akan mendapatkan semua platform streaming populer dan banyak lagi.

Meskipun perangkat lunak pada kedua stik pada dasarnya sama, versi Max yang lebih mahal mendapatkan Fire TV Ambient Experience, yang sebelumnya terbatas pada model Fire TV Omni QLED dari Amazon. Ambient Experience mengubah TV Anda menjadi layar cerdas yang didukung Alexa. 

Ini memungkinkan Anda menampilkan koleksi seni atau foto pribadi yang dikurasi sebagai latar belakang, menampilkan waktu dan cuaca, atau mendengarkan audio di latar belakang saat Anda tidak menggunakan TV.

Anda juga dapat menggunakan widget untuk mengatur tampilan seperti layar pintar Anda sendiri. Selain itu, Ambient Experience cukup pintar untuk menyadari saat tidak ada orang di dalam ruangan, atau saat gelap menggunakan sensor untuk beralih ke mode siaga.

Untuk gara-gara Amazon Fire TV Stick 4K (2023) model generasi ke-2 seharga $49, setara dengan pendahulunya. Sedangakan, model Max lebih mahal $10, dengan banderol harga $59.

Tidak diragukan lagi, Amazon Fire TV Stick 4K dan Stick 4K Max merupakan media streamer yang bagus untuk digunakan. Kebanyakan orang akan puas dengan keduanya. 

Apalagi jika Anda mampu membeli Fire TV Stick 4K Max memiliki keunggulan perangkat streaming lebih baik berkat chipnya yang kuat, dukungan Wi-Fi 6E, dan lebih banyak ruang penyimpanan. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper