Komet Raksasa Seukuran Sebuah Kota Meledak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 Oktober 2023 | 08:44 WIB
Komet C/2021 O3
Komet C/2021 O3
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah komet vulkanik raksasa seukuran kota kecil meledak dengan dahsyat untuk kedua kalinya dalam empat bulan saat meluncur menuju matahari.

Ledakan itu, sama seperti letusan sebelumnya, awan es dan gas mengeluarkan sesuatu yang tampak seperti sepasang tanduk raksasa.

Komet tersebut, diberi nama 12P/Pons-Brooks, adalah komet kriovolkanik — atau gunung berapi dingin. Ia memiliki inti padat, dengan perkiraan diameter 18,6 mil (30 kilometer), dan berisi campuran es, debu, dan gas yang dikenal sebagai cryomagma. Inti komet dikelilingi oleh awan gas kabur yang disebut koma, yang bocor keluar dari bagian dalam komet.

Ketika radiasi matahari memanaskan bagian dalam komet, tekanan meningkat dan komet meledak dengan dahsyat, mengeluarkan isi perut bekunya ke luar angkasa melalui retakan besar pada cangkang inti komet.

Pada tanggal 5 Oktober, para astronom mendeteksi ledakan besar dari 12P, setelah komet tersebut menjadi puluhan kali lebih terang karena pantulan cahaya ekstra dari komanya yang meluas, menurut British Astronomical Association (BAA), yang telah memantau dengan cermat komet tersebut.

Selama beberapa hari berikutnya, koma komet semakin meluas dan mengembangkan “tanduk anehnya,” Spaceweather.com melaporkan. Beberapa ahli bercanda bahwa bentuk koma yang tidak beraturan juga membuat komet tersebut terlihat seperti pesawat luar angkasa fiksi ilmiah, seperti Millennium Falcon dari Star Wars.

Bentuk koma komet yang tidak biasa ini kemungkinan besar disebabkan oleh ketidakteraturan bentuk inti 12P, kata Richard Miles, astronom BAA, kepada Live Science setelah letusan komet sebelumnya. Gas yang keluar kemungkinan sebagian terhalang oleh lekukan yang menonjol pada inti, kata Miles. Ketika gas terus mengembang menjauhi komet, ketidakteraturan bentuk koma menjadi lebih jelas dan terlihat, tambahnya.

12P saat ini sedang meluncur menuju bagian dalam tata surya, di mana ia akan terlempar mengelilingi matahari dalam orbitnya yang sangat elips selama 71 tahun mengelilingi bintang asal kita — mirip dengan komet hijau Nishimura, yang melakukan manuver yang hampir identik pada 17 September. .

12P akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada 21 April 2024, saat ia dapat terlihat dengan mata telanjang sebelum terlempar kembali ke luar tata surya. Itu tidak akan kembali sampai tahun 2095.

Ini adalah kedua kalinya 12P tumbuh subur di tahun ini. Pada tanggal 20 Juli, para astronom menyaksikan komet tersebut meledak untuk pertama kalinya dalam 69 tahun (terutama karena ledakannya lebih jarang dan sulit dikenali selama sisa orbitnya). Pada kesempatan itu, koma 12P meluas hingga sekitar 143.000 mil (230.000 km), yaitu sekitar 7.000 kali lebih lebar dari inti komet.

Tidak jelas seberapa besar pertumbuhan koma selama letusan terakhir, namun ada tanda-tanda ledakan itu "dua kali lebih kuat" dari letusan sebelumnya, kata BAA. Saat ini, komanya kemungkinan telah menyusut hingga mendekati ukuran normalnya.

Saat 12P terus berpacu menuju matahari, ada kemungkinan besar kita akan menyaksikan beberapa letusan besar lagi. Ada kemungkinan bahwa letusan tersebut akan lebih besar daripada letusan terbaru karena komet tersebut menyerap lebih banyak radiasi matahari, menurut Spaceweather.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper