TikTok Shop Ditutup di RI, di AS Jadi Sumber Pemasukan Baru bagi Remaja

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 10 Oktober 2023 | 11:56 WIB
Ilustrasi tiktok shop/facebook
Ilustrasi tiktok shop/facebook
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah remaja di Amerika Serikat meraup untung besar dengan mempromosikan barang lewat TikTok Shop. Social commerce yang ditutup di Indonesia itu, menjadi sumber pendapatan baru bagi remaja di sana. 

Sayangnya, remaja yang menggunakan fitur TiKTok Shop untuk berjualan merambah hingga mereka yang masuk kategori di bawah umur. Peraturan TikTok Shop dan AS melarang hal tersebut. 

Dilansir dari NBC News, Selasa (10/9/2023), siswa sekolah menengah berhasil menghasilkan jutaan penayangan menggunakan fitur baru di Tiktok ini. Meskipun faktanya, TikTok melarang anak di bawah umur untuk mendaftar ke program tersebut.

Laporan NBC News mengidentifikasi terdapat enam akun TikTok yang telah menerbitkan lusinan video TikTok Shop selama dua minggu terakhir. Semua pencipta diidentifikasi secara publik berusia di bawah 18 tahun.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan TikTok mengatakan saat TikTok Shop diluncurkan di AS, perusahaan terus mengembangkan perlindungan dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini. 

TikTok menanyakan usia pengguna saat mendaftar akun, yang menawarkan celah – anak-anak bisa berpura-pura lebih tua.

Temuan ini merupakan demonstrasi terbaru tentang bagaimana pengguna dengan cepat memanfaatkan fungsionalitas TikTok Shop yang relatif baru untuk menghasilkan uang. 

Fitur tersebut, yang diluncurkan pada bulan September, dengan cepat mendapatkan popularitas dan TikTok tampaknya kesulitan untuk memoderasi cara orang menggunakannya. Hal ini juga menunjukkan pesatnya pengaruh sistem baru TikTok Shop, yang mendorong produksi iklan internet secara cepat oleh para pembuat konten, di internet.

Dalam dua minggu sejak debutnya, TikTok Shop telah membuat gebrakan besar di kancah periklanan media sosial, dengan aplikasi tersebut menjadi saluran bagi jenis pemasaran baru berbasis komisi. 

Dengan TikTok Shop, pengguna dapat mengiklankan hampir semua produk yang tersedia melalui aplikasi dan mendapatkan potongan dari penjualan. Perusahaan juga memberikan kemudahan bagi pengecer besar maupun kecil untuk menjual barangnya melalui toko.

Video TikTok Shop disajikan kepada pengguna TikTok melalui algoritma yang sama dengan yang menentukan halaman “Untuk Anda”, yang berarti bahwa video yang mendapatkan interaksi dengan cepat sering kali akan didorong ke penayangan yang lebih besar hampir secara instan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper