5 Fitur Tersembunyi di iPhone 15 Pro yang Jarang Diketahui

Redaksi
Jumat, 29 September 2023 | 18:59 WIB
iPhone 15/apple.com
iPhone 15/apple.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seri iPhone 15  terbaru bakal tersedia di Indonesia pada akhir September 2023. Namun, banyak fitur tersembunyi dan kurang diketahui yang disertakan pada model baru tersebut.

Tentu saja, iPhone 15 akan membedakan dirinya dengan fitur-fitur baru yang ditambahkan iOS 17 ke model lama, termasuk Poster Kontak, Pesan Suara Langsung, pesan audio dan video FaceTime, dan banyak lagi. Sebaliknya, fitur-fitur tersebut hanya akan tersedia di iPhone terbaru.

Mungkin beberapa terbatas pada model Pro, tetapi ketahuilah bahwa fitur tersembunyi ini akan membantu Anda memaksimalkan iPhone 15 Anda.

Berikut Fitur Tersembunyi di iPhone 15 Pro:

1. Aktifkan Optimalisasi Pengisian Daya iPhone 15

Mungkin para pengguna iphone sudah bertahun-tahun telah mengetahui bahwa baterai iPhone yaitu 20 persen dan 80 persen akan menambah masa pakainya dan memperpanjang kerusakan akibat penggunaan normal.

Dengan iOS 13, Apple memperkenalkan Pengisian yang Dioptimalkan, sebuah fitur yang menunda pengisian daya melebihi 80 persen sehingga iPhone Anda membutuhkan waktu lebih sedikit  untuk terisi penuh. 

Bahkan dengan fitur ini, iPhone Anda mungkin masih memiliki sisa baterai 100 persen sampai Anda mencabutnya.

Tentu saja, Apple menawarkan fitur pengoptimalan pengisian daya baru yang membatasi baterai hingga 80 persen setiap saat. 

Untuk mengaktifkan fitur ini di ponsel Anda, buka Pengaturan, pilih Baterai, lalu pilih Kesehatan & Pengisian Daya Baterai dan pilih Pengoptimalan Pengisian Daya.

Dari menu berikutnya, pilih batas 80 persen dan iPhone Anda tidak akan mengenakan biaya lebih dari itu kecuali dalam kasus yang jarang terjadi agar perkiraannya tetap akurat.

Fitur tersembunyi ini akan membantu memperpanjang umur baterai Anda secara keseluruhan dan memastikan bahwa Anda tidak memerlukan perbaikan dalam waktu dekat.

2. Periksalah Jumlah Siklus Baterai Tanpa Kerumitan

Jumlah siklus baterai dan berapa kali baterai habis dan terisi penuh merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan masa pakai baterai dan perlu tidaknya perawatan.

Baterai iPhone dirancang untuk mempertahankan hingga 80 persen kapasitas maksimumnya setelah 500 siklus pengisian  penuh.

Namun, dalam kasus khusus, jika kondisi baterai memburuk secara signifikan, Anda mungkin perlu mengganti baterai. Dan, di sinilah hitungan siklus baterai berperan.

Sebelumnya, Anda harus mengaktifkan pemindaian iPhone dan kemudian mengekstrak  teks  dari file secara akurat, meskipun itu rumit. Maka, iPhone 15 memiliki fitur bawaan untuk diuji. 

3. Ubah Resolusi Default Kamera

Berbeda dengan seri iPhone 14, semua model iPhone 15 memiliki kamera 48 megapiksel, yang membuka fitur tersembunyi lainnya. Anda dapat beralih di antara tiga mode resolusi kamera di iPhone 15, termasuk 12 megapiksel, 24 megapiksel, dan 48 megapiksel.

Secara default, kamera memotret pada resolusi 24 megapiksel, mengambil foto dengan tekstur dan detail lebih banyak. Namun, jika Anda kekurangan ruang penyimpanan atau, sebaliknya, ingin memanfaatkannya semaksimal mungkin dan mengklik gambar penuh 48 megapiksel.

4. Jelajahi Tingkat Zoom Tersembunyi

Jika Anda memiliki iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max, Anda memiliki tingkat zoom tersembunyi di aplikasi Kamera.

Secara default, Anda akan melihat tiga atau empat ikon zoom di bagian bawah jendela bidik. Ini adalah tingkat zoom yang tersedia, kecuali tombol 1x yang kini memiliki dua opsi tersembunyi.

Cukup tekan tombol 1x dan kamera akan beralih ke 1,2x. Menekan tombol lagi akan memberi Anda zoom 1,5x. Untuk kembali ke 1x, tekan tombol lagi.

Ingatlah bahwa iPhone 15 Pro tidak memiliki lensa ini, tetapi mampu mereproduksi hasilnya berkat sensor 48 megapiksel yang kuat dan chipset A17 Pro yang bertenaga.

5. Hubungkan Layar Eksternal Melalui DisplayPort iPhone 15

Di iPhone 14 dan model  lebih baru, Anda hanya dapat melakukan streaming video 1080p ke layar dan layar eksternal berkat port Lightning. Namun, hal ini akan berubah dengan iPhone 15 karena semua model memiliki port USB-C.

Hal ini membuat koneksi ke layar yang lebih besar untuk menonton video, melihat foto, atau memainkan game konsol  yang terdapat di iPhone 15 Pro menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Selain itu, port USB-C juga memungkinkan Anda menyambungkan perangkat seperti kartu yang kompatibel dengan CarPlay, perangkat penyimpanan eksternal, mikrofon, baterai, adaptor kartu SD, dan banyak lagi.

Perlu diketahui, model iPhone 15 Pro akan mendapatkan desain baru untuk menggantikan tepi baja tahan karat yang mengkilap dan rawan sidik jari dengan sesuai yang lebih kuat, lebih ringan, dan lebih premium pada era titanium. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper