Pakai AI, Amazon Ubah Suara Alexa Assistant Jadi lebih Manusiawi

Rahmad Fauzan
Kamis, 21 September 2023 | 18:17 WIB
Logo Amazon di salah truk di fasilitas Fullfillment Center di Baltimore, AS/ Bloomberg-Andrew Harrer
Logo Amazon di salah truk di fasilitas Fullfillment Center di Baltimore, AS/ Bloomberg-Andrew Harrer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Amazon.com Inc. meluncurkan fitur anyar yang memperbaharui suara asisten Alexa (Alexa Assistant) menjadi lebih ‘manusiawi’ melalui penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Mengutip Reuters, perangkat ini tidak hanya menghilangkan nuansa robotik dalam nada suara Alexa Assistant. Melainkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mulai dari jadwal pertandingan bola kaki, ide resep masakan, hingga menulis puisi.

Kepala Bidang Perangkat Keras Amazon Dave Limp mengatakan pengguna bisa lebih dari satu pertanyaan ke mesin tersebut tanpa harus mengulang-ulang penyebutan ‘Alexa’ sebagai kata kunci.

“Anda sekarang bisa mendapatkan pengalaman berbicara dengan Alexa Assistant yang hampir mendekati suara manusia,” kata Limp dalam ajang peluncuran produk tahunan Amazon di Virginia, Amerika Serikat (AS), dikutip Kamis (21/9/2023).

Sebagai informasi, Alexa diluncurkan pada 2014. Fitur ini dapat diakses melalui pengeras suara ataupun televisi dan menyediakan jawaban untuk pertanyaan terkait dengan cuaca serta menjadi penghubung dengan perangkat rumah.

Lebih jauh, Reuters melaporkan Amazon sedang mengembangkan produk-produk yang bakal dipasang di lebih banyak titik di dalam rumah, termasuk di perangkat pendeteksi karbon monoksida.

Adapun, dalam peluncuran di Virginia, Amazon juga mengeluarkan produk anyar lain seperti tablet Fire untuk anak-anak, bilah suara (soundbar) untuk televisi, serta fitur baru layanan FireTV untuk menemukan konten gratis.

Selain itu, Amazon meluncurkan Echo Hub, tablet dinding layar sentuh dengan banderol US$180 yang berfungsi mengatur perangkat gawai di seluruh rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper