Foxconn Mau Tambah Investasi di India, Bersiap Tinggalkan China?

Redaksi
Senin, 18 September 2023 | 15:28 WIB
Pabrik iPhone terbesar di dunia di Kota Zhengzhou China milik Foxconn./Bloomberg
Pabrik iPhone terbesar di dunia di Kota Zhengzhou China milik Foxconn./Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi asal Taiwan, Foxconn dilaporkan akan melipatgandakan investasinya di India pada tahun depan, sekaligus memperluas lapangan pekerjaan di negara tersebut.

Foxconn yang menjadi salah satu pemasok utama Apple merupakan produsen elektronik terbesar di dunia. Melansir Reuters, Senin (18/9/2023), perusahaan akan memperluas kehadirannya di India dengan berinvestasi di fasilitas manufaktur di bagian selatan negara seiring dengan upayanya menjauh dari China.

Hal ini pertama kali diungkapkan seorang perwakilan Foxconn di India, V Lee, dalam postingan LinkedIn untuk memperingati ulang tahun ke-73 Perdana Menteri India Narendra Modi.

Lee mengungkapkan bahwa bahwa perusahaan saat ini ingin menggandakan lapangan kerja, foreign direct investment (FDI) atau investasi asing langsung dan ukuran bisnis di India pada tahun depan.

Lee tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait pernyataannya tersebut. Namun pernyataan Lee sejalan dengan kabar investasi salah satu anak perusahaan, Foxconn Industrial Internet (FII) untuk pembangunan pabrik komponen elektronik baru senilai US$200 juta atau sekitar Rp3 triliun di negara bagian India Tamil Nadu. Pembangunan tersebut dijadwalkan rampung pada 2024.

Foxconn juga disebut-sebut tengah dalam pembicaraan dengan negara bagian asal Nodi, Gujarat, untuk masuk ke sektor semikonduktor India.

Pada Agustus, Foxconn juga disebut akan menginvestasikan US$600 juta atau sekitar Rp9,2 triliun untuk dua proyek di negara bagian India Karnataka untuk membuat komponen casing iPhone dan peralatan pembuatan chip.

Foxconn sendiri sudah memiliki pabrik iPhone di negara bagian Tamil Nadu, yang mempekerjakan 40.000 orang. Pabrikan itu dilaporkan telah memulai produksi smartphone terbaru Apple, iPhone seri 15.

Ketua Foxconn Liu Young-way dalam laporan pendapatan bulan lalu mengatakan, durinya melihat banyak potensi di India. Menurutnya, investasi beberapa miliar dolar hanyalah sebuah permulaan. (Lydia Tesaloni Mangunsong)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper