Peretas Bidik Pengguna Threads Aplikasi Meta, Ini 3 Tips untuk Jaga Data Tetap Aman

Redaksi
Jumat, 8 September 2023 | 13:05 WIB
Aplikasi Threads/Reuters
Aplikasi Threads/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Baru-baru ini platform milik Meta, aplikasi Threads meriliskan versi browser web. Namun, sebelum menggunakannya Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara menjaga dan melindungi data pribadi Anda agar terhindar dari para peretas.

Pakar Analis Konten Web Kaspersky Anna Larkina mengatakan kebocoran data, peretasan akun, pengumpulan pemasaran, dan analisis data pengguna yang tidak selalu berbahaya adalah hal yang lumrah saat ini.

“Untuk meminimalkan risiko menjadi korban peretasan dan tidak meninggalkan jejak digital Anda yang sudah berskala besar, Anda perlu mempelajari persyaratan layanan baru sebelum mendaftar,” kata Anna, dikutip pada Jumat (08/09/2023).

Semua pengguna media sosial, termasuk Threads, harus meluangkan waktu beberapa menit untuk membiasakan diri dengan alat baru yang ditawarkan oleh interaksi sosial ini.

Kaspersky juga  menyarankan agar terlebih dahulu memperhatikan kemungkinan menghapus akun yang mengejutkan, tidak semua jejaring sosial mendukung operasi ini. 

Oleh karena itu, bagi mereka yang masih menggunakan Threads, para ahli dari Kaspersky telah menyusun beberapa cara menggunakan platform tersebut dengan aman, data pribadi terlindung, hingga terhindar dari pada scammers.

Berikut  tips menggunakan platform Threads dengan tetap menjaga privasi dan keamanan:

1. Pelajari Pengaturan Keamanan Threads

Hal pertama yang perlu Anda ketahui yaitu pengaturan keamanan Threads.

Pada pengaturan keamanan ini adalah tiga hal yang perlu Anda ketahui, yaitu aplikasi Threads menawarkan pemeriksaan keamanan, jangan lupa untuk menyiapkan 2FA, dan tidak mungkin untuk menghapus akun Threads sendirian. Maka untuk melakukan ini, Anda bisa membuka Pengaturan.

Setelah itu klik opsi Akun. Jika sudah, pilih nonaktifkan profil dan tekan nonaktifkan profil Threads.

2. Privasi atau Membisukan Akun Seseorang

Jika Anda ingin menjaga akun Threads tetap pribadi atau membatasi pengguna, Anda dapat menghubungi dengan berbagai cara, seperti membisukan, membatasi, dan memblokir seseorang. Sedangkan, Anda ingin membisukan, membatasi, atau memblokir seseorang. Anda dapat membuka profil Anda, lalu klik tiga titik di pojok kanan atas dan pilih tindakan.

3. Tingkatkan Tingkat Keamanan Pada Akun Threads Anda

Untuk  lebih meningkatkan keamanan akun Threads Anda, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara. Berikut cara melakukannya:

- Anda bisa memantau dan mengatur siapa saja yang dapat menyebut Anda di postingan dengan simbol at (@).

- Thread mencoba membatasi bahasa yang menyinggung, sehingga pengguna dapat memfilternya dalam tanggapan terhadap postingan mereka. Selain itu, platform ini menawarkan sejumlah alat seperti pemfilteran otomatis dengan daftar bawaan atau menambahkan frasa dan kata tertentu secara manual. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper