Nasib X Milik Elon Musk Usai Ganti Nama dari Twitter, Pendapatan Mulai Naik?

Redaksi
Selasa, 29 Agustus 2023 | 21:00 WIB
Logo X di kantor pusat Twitter, San Fransisco, AS - Twitter @elonmusk.
Logo X di kantor pusat Twitter, San Fransisco, AS - Twitter @elonmusk.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pendapatan Twitter setelah rebranding menjadi X disebutkan meningkat. Selama periode 6 Agustus hingga 20 Agustus 2023, pendapatan platform tersebut melonjak sekitar 25 persen secara substansial.

Hal ini ditemukan dari laporan Sensor Tower, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (29/8/2023). Peningkatan pendapatan utamanya didorong oleh pendapatan dari iOS yang naik sebesar 24 persen.

Di sisi lain, sejak Elon Musk mengakuisisi Twitter pada akhir tahun lalu, tingkat unduhan X juga disebutkan turun usai rebranding. Penggantian nama Twitter menyebabkan pengguna aktif mingguannya turun hingga 4 persen pada minggu-minggu setelah perubahan merek, yakni pada 6-20 Agustus 2023.

Perubahan nama ini juga tampaknya menimbulkan kebingungan bagi konsumen di app store. Meskipun berita perubahan nama telah menyebar di seluruh dunia, masih ada sejumlah konsumen arus utama yang mengetikkan “Twitter” di kolom pencarian App Store.

Konsumen tidak segera diarahkan ke aplikasi X yang utama dan orisinil. Seringnya konsumen justru menemukan aplikasi Twitter Lite yang dirancang untuk pasar negara berkembang.

Tampaknya hal itu kemudian mendorong lonjakan besar pengunduhan Twitter Lite pada minggu pertama rebranding pada 23 Juli hingga 5 Agustus.

Sejauh ini, unduhan Twitter Lite melonjak sekitar 350 persen menurut data Sensor Tower. Dikombinasikan dengan aplikasi utama X, ekosistem aplikasi Twitter mengalami pertumbuhan unduhan sebesar 11 persen, didorong oleh pengunduhan di India, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Pendapatan X juga turun selama minggu pertama di 23 Juli-5 Agustus 2023 sebesar 3 persen secara keseluruhan, utamanya disebabkan oleh penurunan sebesar 8 persen pada iOS. Beruntung pada linimasa selanjutnya, X terus mengalami peningkatan pendapatan.

Perubahan merek X juga berdampak pada aplikasi lain, seperti pesaingnya Bluesky, Threads, dan Mastodon.

Pada minggu pertama setelah perubahan merek itu, unduhan Threads turun 70 persen. Namun Bluesky dan Mastodon mengalami peningkatan unduhan masing-masing sebesar 180 persen dan 15 persen.

Kemudian, pada minggu-minggu berikutnya, yakni pada 8 hingga 20 Agustus, Threads mengalami peningkatan unduhan dengan pertumbuhan sekitar 50 persen.

Saat ini, Threads juga telah meluncurkan sejumlah fitur baru, termasuk feed kronologis. Bluesky dan Mastodon, sebaliknya, mengalami penurunan unduhan setelah rebranding X melemah, dengan jumlah pengunduhan turun masing-masing sebesar 25 persen dan 40 persen.

X dengan branding barunya kini belum memasuki fase yang mantap, seiring gempuran pembaruan para platform pesaing. Namun yang mungkin mesti diberi perhatian ialah peningkatan unduhan Twitter Lite yang naik 50 persen dari jangka waktu sebelumnya. Tampaknya merek “Twitter” masih berpengaruh di toko aplikasi, sehingga berpotensi mencuri konsumen dari X. (Lydia Tesaloni Mangunsong)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper