Canggih! Lalu Lintas di Solo Dikendalikan AI, Ini Cara Kerjanya

Rio Sandy Pradana
Rabu, 23 Agustus 2023 | 01:45 WIB
Ilustrasi sensor di lampu lalu lintas. / Dok. Istimewa
Ilustrasi sensor di lampu lalu lintas. / Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyebut penerapan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) mampu mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Penerapan teknologi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas ini sangat baik dilakukan sehingga dapat mendorong masyarakat untuk bermobilisasi menggunakan transportasi publik,” ujar Gibran dalam siaran pers, Selasa (22/8/2023).

Sistem pengendalian lalu lintas cerdas (ITCS) tersebut dikembangkan oleh PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. (TRON).

Direktur Utama PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. David Santoso mengatakan sistem ITCS yang saat ini terpasang di 2 simpang kota Solo, yaitu Simpang Tugu Wisnu Manahan dan Simpang Sumber Girimulyo.

Sistem tersebut, lanjutnya, telah diuji dan mendapatkan sertifikasi Verifikasi, Validasi & Evaluasi (VV&E) oleh Intelligent Transportation System Association of Indonesia (ITS Indonesia).

“Kami telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kemeterian Perhubungan dan mampu menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Indonesia,” ujarnya.

TRON memanfaatkan teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan teknologi AI Predictive Modelling dalam sistem ITCS ini.

Dia menjelaskan sistem secara otomatis akan mendeteksi jika kondisi di simpang terpantau padat dan membutuhkan lampu hijau lebih panjang atau jika salah satu simpang memiliki tingkat kepadatan lebih tinggi agar mendapat lampu hijau lebih lama serta mempercepat lampu merah di simpang lainnya secara realtime.

Tidak hanya itu, sistem ITCS juga dapat mendeteksi transportasi umum seperti bus atau angkutan perkotaan agar mendapat prioritas lampu hijau ketika melewati persimpangan yang disebut fitur bus priority.

“Kami siap berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem pengendalian lalu lintas yang lebih modern dan efisien dengan memanfaatkan teknologi terkini sehingga dapat mendukung konsep smart city di kota-kota besar Indonesia,” tutup David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper