7 Jet Tempur Termahal di Dunia

Rendi Mahendra
Senin, 21 Agustus 2023 | 20:46 WIB
F-16 Angkatan Udara Kerajaan Denmark./Bloomberg/Getty Images
F-16 Angkatan Udara Kerajaan Denmark./Bloomberg/Getty Images
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam strategi militer modern pertahanan udara sangat menentukan kekuatan militer suatu negara.

Sehingga militer di berbagai negara saling berlomba untuk membuat jet tempur untuk mempertahankan wilayah udaranya masing-masing.

Adapun jet tempur merupakan pesawat yang paling canggih, paling kuat, dan paling kompleks secara teknologi. Berikut ini merupakan deretan jet tempur termahal di dunia.

1. F-16 Blok 70/72: $63 juta

Jet tempur F-16 diciptakan sebagai jet tempur ringan dan tingkat manuver yang sangat tinggi. Varian yang lebih tua berharga sekitar $30 juta masing-masing – lebih murah daripada sebagian besar petarung kontemporer – tetapi yang paling canggih benar-benar cukup mahal yaitu sekitar $63 juta.

2. Boeing F/A-18E/F Super Hornet: hingga $66,9 juta

F/A-18 Super Hornet hadir di akhir tahun 90-an, menggantikan varian Hornet A, B, C, dan D yang lebih tua. Meskipun awalnya – dan terutama – pesawat ini berbasis kapal induk, ia telah menemukan minat yang adil dari negara-negara yang berniat untuk menggunakannya hanya sebagai pesawat berbasis darat.

Upgrade terbaru F/A-18, konfigurasi Blok III, menampilkan peningkatan besar pada sistem avionik dan senjata. Ini membawa Super Hornet sejalan dengan jet tempur generasi 4,5 terbaru, tetapi juga menaikkan harganya.

Varian termahal dari jet ini adalah EA-18G Growler, sebuah pesawat perang elektronik khusus dengan banderol harga hingga $125 juta. Meskipun dapat dilengkapi dengan amunisi udara-ke-udara dan udara-ke-darat, itu terlalu khusus untuk dianggap sama dengan jet tempur biasa.

3. Shenyang FC-31: $70 juta

Shenyang FC-31, juga dikenal sebagai J-35 atau J-31 adalah pesawat tempur multi-peran yang dikembangkan oleh Republik Rakyat Tiongkok. Ini terutama dirancang untuk keperluan militer dan dimaksudkan untuk melayani sebagai pesawat tempur generasi kelima. FC-31 dimaksudkan untuk digunakan dalam berbagai misi, termasuk superioritas udara, serangan darat, dan pengintaian. FC-31 menggabungkan teknologi siluman, avionik canggih, dan fitur lain yang umumnya terkait dengan jet generasi kelima.

Menurut pejabat militer dan industri AS, diyakini bahwa setelah J-31 beroperasi, kemungkinan akan mengungguli pesawat tempur generasi keempat saat ini seperti F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18E/ F Super Hornet. Namun, efektivitasnya terhadap pesawat tempur terbaru seperti F-22 dan F-35 AS akan bergantung pada berbagai faktor termasuk jumlah pesawat J-31 yang dikerahkan, tingkat keterampilan pilot, dan kemampuan sistem radar serta sensor lainnya.

4. Saab JAS 39E/F Gripen: $85 juta

JAS 39 Gripen Swedia, varian C dan D, terkenal sebagai salah satu jet tempur generasi 4 atau 4,5 baru yang termurah. Harganya bisa mencapai $30 juta per unit, harga yang murah untuk mesin canggih seperti itu.

Varian terbarunya, E dan F, mengubahnya. Meski masih jauh lebih murah untuk dioperasikan daripada jet tempur generasi ke-5, biaya satu jet semacam itu naik lebih dari dua kali lipat. Penjelasannya terletak pada perbedaan jet: hampir semuanya, kecuali badan pesawat, ditingkatkan. Radar baru, mesin, avionik, sistem senjata yang ditingkatkan – sangat sedikit yang tersisa dari Gripen lama.

Pada tahun 2012, JAS 39 generasi baru diperkirakan menelan biaya lebih dari $100 juta. Hanya dalam beberapa tahun terakhir Saab berhasil menurunkan harga, dan dengan penurunan tersebut, Gripen sekali lagi menjadi jet yang dicari di pasar internasional.

5. Chengdu J-20: $110 juta

Sangat sedikit yang diketahui tentang jet generasi ke-5 China. Label harganya juga hanya spekulasi. Namun demikian, mengingat fakta bahwa hanya beberapa dekade yang lalu China tidak memiliki industri penerbangan seperti itu dan bahwa biaya tenaga kerja di negara tersebut terus meningkat – serta hingga saat ini negara tersebut harus membeli semua mesin jet dari Rusia – perkiraan tersebut tampaknya realistis.

J-20 tidak untuk dijual, karena China tidak pernah bermaksud untuk mengekspor senjata andalannya.

6. Dassault Rafale: sekitar $115 juta

Ada berbagai laporan tentang harga Rafale, berkisar antara $100 dan $120 juta per unit dalam konfigurasi paling dasar.

Namun demikian, sebagai salah satu pesawat tercanggih dan diproduksi di salah satu wilayah termahal di dunia, Rafale tidaklah murah.

7. McDonnell Douglas F-15EX Strike Eagle: $117 juta

F-15 sendiri seharusnya tidak murah, dan varian terbarunya, F-15EX, menunjukkan hal itu. Itu seharusnya menggantikan model C dan D yang lebih lama sementara lebih terjangkau daripada jet generasi ke-5 yang paling canggih. Keterjangkauan tersebut sebagian besar berasal dari biaya operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper