6 Orang Turis Meluncur ke Luar Angkasa dengan Virgin Galactic

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 Agustus 2023 | 14:37 WIB
Turis ke luar angkasa dengan virgin galactic
Turis ke luar angkasa dengan virgin galactic
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virgin Galactic akhirnya meluncurkan penumpang wisata pertamanya ke luar angkasa, setelah penantian  selama hampir dua dekade.

Tiga penumpang itu yakni Jon Goodwin, Keisha Schahaff, dan putri remajanya Anastatia Mayers melayang bebas gravitasi melalui pesawat ruang angkasa Virgin sekitar 45 menit setelah lepas landas.

Video langsung menunjukkan tiga pemandangan Bumi dan luar angkasa yang mengagumkan melalui jendela.

Setelah beberapa menit di luar angkasa, pesawat itu mulai turun dan mendarat dengan aman di negara bagian New Mexico, AS, di landasan yang sama tempat pesawat itu lepas landas.

Penerbangan hari Kamis lalu itu telah lama ditunggu adalah puncak dari janji hampir dua dekade oleh miliarder Inggris Richard Branson, pendiri Virgin Galactic, untuk membawa turis ke luar angkasa.

Penerbangan luar angkasa melibatkan pesawat pengangkut badan pesawat raksasa yang lepas landas dari landasan pacu, menambah ketinggian, lalu menjatuhkan pesawat luar angkasa bertenaga roket yang terbang lebih tinggi.

Misi yang diberi nama Galactic 02 ini merupakan penerbangan komersial kedua perusahaan tersebut.

Yang pertama pada akhir Juni membawa sekelompok perwira senior Angkatan Udara Italia yang telah melakukan beberapa eksperimen di atas kapal, bukannya warga sipil yang melakukan perjalanan itu semata-mata untuk kesenangan.

Misi, Galactic 02, lepas landas tak lama setelah pukul 11.00 ET dari Spaceport America di New Mexico. Ada enam orang di dalam pesawat ruang angkasa, termasuk komandan pesawat luar angkasa dan mantan astronot NASA CJ Sturckow, pilot Kelly Latimer, dan Beth Moses, kepala instruktur astronot Virgin Galactic, yang melatih kru sebelum penerbangan.

Pesawat ruang angkasa itu juga membawa tiga penumpang pribadi, termasuk pelatih kesehatan dan kebugaran Keisha Schahaff dan putrinya yang berusia 18 tahun, Anastasia Mayers.

Sesuai laporan, Schahaff berhasil memenangkan kursi untuknya selama kompetisi penggalangan dana oleh Space for Humanity, sebuah organisasi nirlaba yang ingin mendemokratisasi perjalanan luar angkasa.

Adapun Mayers, dia belajar filsafat dan fisika di Universitas Aberdeen di Skotlandia. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Schahaff dan Mayers adalah duo ibu-anak pertama yang menjelajah ke luar angkasa bersama.

Misi tersebut juga menandai jumlah wanita terbanyak yang terbang dalam satu misi ke luar angkasa. Pesawat ruang angkasa itu juga membawa mantan Olympian Jon Goodwin, yang berpartisipasi dalam Olimpiade 1972 di Munich sebagai pemain kano. Ini adalah fakta menarik lainnya untuk dicatat bahwa pada usia 80 tahun, Goodwin adalah penumpang kedua dengan penyakit Parkinson dan Olympian pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Mengenai pesawat ruang angkasa, Galactic 02 adalah penerbangan suborbital, dan meskipun VSS Unity tidak mencapai orbit, lintasannya memungkinkan para pelancong mengalami beberapa menit tanpa bobot di ketinggian yang cukup tinggi bagi mereka untuk melihat kelengkungan Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper