Optimalisasi Edge Computing Bisa Pacu Penggunaan EBT

Rio Sandy Pradana
Kamis, 17 Agustus 2023 | 08:05 WIB
Ilustrasi kendaraan listrik. /Freepik
Ilustrasi kendaraan listrik. /Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Optimalisasi teknologi edge computing dinilai bisa memacu penggunaan energi baru terbarukan (EBT) melalui kendaraan listrik.

Head of Solutions Engineering Asia Pacific & Japan Couchbase Genie Yuan, menjelaskan peran dari teknologi edge computing terhadap usaha mendorong penggunaan energi baru terbarukan.

Menurutnya peran teknologi ini adalah pada pengembangan aplikasi yang diperuntukan dalam pengisian daya kendaraan listrik. Keunggulan dari edge computing adalah mampu mengakses data dari cloud tanpa harus tingginya kecepatan akses data transfer.

"Teknologi ini mampu mengoptimalkan penggunaan energi bersih," katanya dalam siaran pers, Kamis (17/8/2023).

Menurutnya, teknologi edge computing, aplikasi yang berfungsi sebagai pencatat transaksi dan data kebutuhan pengisian konsumen dalam pengisian EV, dengan pemrosesan data real-time dan smart grid integration.

Energi terdesentralisasi dikoordinasikan melalui edge computing, dengan teknologi ini mampu mendukung transportasi berkelanjutan dan pemantauan lingkungan. Energi bersih, transportasi, dan komputasi edge menciptakan ekosistem mobilitas yang lebih hijau dan efisien.

Genie menjelaskan peran dari teknologi edge computing yang juga mampu meningkatkan layanan publik seperti manajemen lalu lintas, sistem tanggap darurat, dan pemantauan lingkungan melalui pemrosesan dan analitik data real-time.

Hal ini memungkinkan peningkatan keselamatan publik dan alokasi sumber daya yang lebih efisien, membuat kota-kota di Indonesia lebih siap untuk mengatasi berbagai tantangan dan memberikan layanan yang ditingkatkan kepada warga.

Menurutnya, edge computing juga mendukung terbentuknya kota pintar di Indonesia karena memungkinkan pemrosesan data real-time, mengurangi transmisi data ke pusat cloud, meningkatkan konektivitas IoT, memastikan ketahanan selama gangguan jaringan, meningkatkan privasi dan keamanan, dan memungkinkan layanan yang disesuaikan.

Integrasinya meningkatkan manajemen kota, layanan warga, dan keberlanjutan, membina lingkungan perkotaan yang lebih efisien dan inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper