Elon Musk dan 2 Miliarder Boncos Triliunan Rupiah Sepekan Kemarin

Lydia Tesaloni Mangunsong
Senin, 14 Agustus 2023 | 11:10 WIB
Elon Musk/Bloomberg
Elon Musk/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga miliarder dunia disebut kehilangan sejumlah kekayaannya akibat penurunan yang terjadi di pasar saham sejak Jumat, 4 Agustus hingga Jumat, 11 Agustus 2023.

Melansir Forbes, Senin (14/8/2023), minggu kemarin menjadi “minggu penurunan” untuk pasar saham. Taipan Elon Musk, Rick Cohen, dan Philip Fayer menjadi miliarder yang kehilangan kekayaan hingga triliunan rupiah sepekan kemarin.

Meski masih memegang posisi sebagai orang terkaya di dunia, kekayaan Musk menurun sebanyak Rp110,7 triliun pada minggu lalu. Dengan angka itu, Musk disebut menjadi pihak yang paling merugi seminggu kemarin.

Perusahaan mobil listrik miliknya Tesla mengalami penurunan nilai saham hingga 3,5 persen pada periode minggu lalu, sedangkan Musk memiliki sekitar 23 persen saham Tesla.

Pada tahun ini, perusahaan tersebut mengalami banyak naik-turun, ditambah dengan mundurnya Zach Kirkhorn dari posisinya sebagai CFO Tesla pada Senin (7/8/2023) lalu.

Sementara itu, pemilik perusahaan robot Symbotic, Rick Cohen, juga boncos sebesar Rp61,3 triliun minggu lalu. Saham Symbotic akhirnya mendingin setelah melonjak lebih dari 400 persen selama tujuh bulan pertama tahun 2023. Sejak awal Agustus, nilai saham telah turun lebih dari 30 persen, termasuk penurunan 19 persen selama seminggu kemarin.

Kendati demikian, saham Symbotic secara keseluruhan naik lebih dari 260 persen pada 2023. Hal itu membuat Cohen lebih kaya Rp191,5 triliun daripada di awal tahun.

Adapun, Philip Fayer, pemilik perusahaan layanan kredit dan pembayaran Kanada Nuvei hampir serupa keadaannya. Dengan penurunan kekayaan hingga Rp6,1 triliun. Penurunan kekayaan Philip dipengaruhi anjloknya saham Nuvei hingga 46 persen pada minggu kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper