Fitur Screen Time di iPhone dan iPad Bermasalah, Apple Buka Suara

Lydia Tesaloni Mangunsong
Senin, 7 Agustus 2023 | 15:10 WIB
Konsumen mencoba produk iPhone 14 series di toko resmi milik Apple. Bloomberg.
Konsumen mencoba produk iPhone 14 series di toko resmi milik Apple. Bloomberg.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple baru-baru ini mengonfirmasi masalah yang terjadi pada produknya, yakni iPhone dan iPad, di mana fitur Screen Time atau waktu layar mengalami error secara berkelanjutan.

“Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mungkin mengalami masalah di mana pengaturan screen time tiba-tiba ter-atur ulang. Kami menangani laporan ini dengan sangat serius. Kami telah, dan akan terus, membuat pembaruan untuk memperbaiki situasi tersebut," kata juru bicara Apple seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Senin (7/8/2023).

Fitur Screen Time memungkinkan orang tua mengatur iPad atau iPhone anak mereka dengan menetapkan batasan penggunaan perangkat selama waktu tertentu, menetapkan batas waktu untuk aplikasi, dan memblokir konten yang tidak pantas.

Pengaturan dapat dilakukan orang tua dari jarak jauh menggunakan perangkat mereka sendiri yang telah tersinkronisasi dengan perangkat anak.

Namun, error yang terjadi kini membuat batas waktu dan batasan konten ter-reset atau gagal disinkronkan di semua perangkat yang tergabung dalam grup iCloud Family Sharing (keluarga berbagi).

Apple sebelumnya menyebut masalah pada fitur Screen Time akan diatasi pada pembaruan iOS 16.5 di bulan Mei lalu. Namun, sejumlah orang tua melalui media sosial melaporkan masih mengalami masalah pada iPhone dan iPad yang telah menggunakan iOS 16.6/iPadOS 16.6 dan bahkan beta publik iOS 17/iPadOS 17.

Melansir dari Forbes, Senin (7/8/2023), sejumlah pengguna berusaha mencari solusi mandiri yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya dengan mengatur Screen Time langsung pada perangkat dan bukan melalui sinkronisasi. Namun, langkah tersebut juga tidak bekerja di semua perangkat.

Selain itu, pengguna dapat melakukan reset ulang perangkat secara keseluruhan setelah sebelumnya mengeluarkan iCloud yang tersambung dengan perangkat. Pengguna dapat mengamankan seluruh data, termasuk foto dan video yang ada ke iCloud sebelum melakukan reset ulang perangkat.

Apple tidak menyebutkan timeline atau tanggal pasti untuk perbaikan fitur ini. Namun dengan pembaruan iOS yang terus muncul, diharapkan masalah pada fitur yang sangat penting untuk memantau aktivitas anak di gadget ini akan segera ditangani. Pembaruan iOS 17 untuk produk Apple, dikabarkan akan rilis bulan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper