Fitur SOS Satelit Apple Bantu Cegah Kebakaran Hutan di Kanada

Lydia Tesaloni Mangunsong
Rabu, 2 Agustus 2023 | 16:45 WIB
Titik api pemicu kebakaran hutan dan lahan./Ilustrasi
Titik api pemicu kebakaran hutan dan lahan./Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dua orang anggota Missanabie, komunitas di Provinsi Ontario, Kanada, berusaha memadamkan api yang melahap hutan di sebuah pulau terpencil Kanada. Dalam usahanya, mereka menghadapi tantangan berat dan memutuskan memanggil bantuan melalui fitur SOS Satelit Apple.

Melansir dari Gizmochina, Rabu (2/8/2023), Warren Thibodeau dan Orel Crack, dua anggota komunitas yang berusaha memadamkan api itu, menghadapi situasi genting saat api di hutan tak kunjung padam. Ditambah, tidak adanya sinyal seluler di pulau terpencil membuat mereka terputus dari metode komunikasi konvensional.

Beruntung keduanya menggunakan iPhone 14 sebagai ponsel mereka. Mereka berhasil membawa pihak Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan ke lokasi kebakaran untuk membantu mereka memadamkan api melalui panggilan SOS Satelit yang tersedia di perangkat tersebut.

“Fitur darurat GlobalStar baru dari iPhone 14 memfasilitasi komunikasi kami dengan MNRF saat mendekati pulau yang terbakar,” kata Eric Belanger, warga setempat yang memotret dan membagikan kejadian tersebut.

Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan dikonfirmasi segera membereskan sisa-sisa kebakaran keesokan harinya.

Fitur SOS Darurat melalui satelit tersedia di iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim SOS ke layanan darurat tanpa jangkauan seluler dan WiFi.

Terlepas dari kecepatan transfer data yang lambat dan potensi kualitas koneksi yang buruk, fitur Apple ini menawarkan penyelamat dalam situasi darurat, menunjukkan dampak revolusioner teknologi pada keselamatan publik dan manajemen bencana.

Melansir dari Benzinga, Rabu (2/8/2023), sebelumnya pada bulan Desember tahun lalu, fitur ini diketahui juga berhasil menyelamatkan jiwa ketika membantu menyelamatkan seorang pria yang terdampar di Alaska yang terpencil.

Pria itu disebut mengaktifkan fitur SOS Satelit selama perjalanan menggunakan mobil di tengah salju dari Noorvik ke Kotzebue, yang memperoleh tanggapan cepat dari Pasukan Negara Bagian Alaska dan tim pencari lokal.

Fitur ini juga pernah membantu tim penyelamat menemukan dua orang terdampar 300 kaki di ngarai terpencil tanpa layanan seluler di Hutan Nasional Angeles.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper