Saingi Apple dan Google, Meta Mau Kembangkan Toko Aplikasi di Facebook

Rahmi Yati
Senin, 3 Juli 2023 | 17:00 WIB
Meta ingin menghadirkan toko aplikasi di Facebook
Meta ingin menghadirkan toko aplikasi di Facebook
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meta berencana menyaingi Apple dan Google dengan mengembangkan toko aplikasi di Facebook bagi pengguna di Eropa.

Dilansir dari laman The Verge, Senin (3/7/2023), dikatakan bahwa pengguna dapat mengunduh aplikasi secara langsung melalui iklan Facebook.

Rencananya, uji coba jenis iklan baru akan dimulai dengan beberapa pengembang aplikasi Android paling cepat akhir tahun ini.

Meta melihat celah untuk mencoba hal baru tersebut berkat adanya Undang-undang Pasar Digital Eropa yang akan mewajibkan Apple dan Google untuk mengizinkan konsumennya menggunakan toko aplikasi lain selain App Store dan Google Play Store, mulai awal 2024.

Untuk itu, Meta dilaporkan secepat mungkin ingin mengubah salah satu platform media sosialnya yakni Facebook menjadi toko aplikasi alternatif di perangkat Android terlebih dahulu.

Juru bicara Meta Tom Channick telah mengonfirmasi rencana tersebut. Dalam sebuah email, dia mengatakan pihaknya selalu tertarik untuk membantu pengembang mendistribusikan aplikasi mereka dan opsi baru ini akan menambah lebih banyak persaingan di bisnis tersebut.

"Pengembang berhak mendapatkan lebih banyak cara untuk dengan mudah menyampaikan aplikasi mereka kepada orang yang menginginkannya," katanya.

Hingga kini belum ada komentar dari  Google. Namun begitu, Meta tidak sendirian karena Microsoft juga sebelumnya berencana meluncurkan toko aplikasi alternatif untuk game di iOS dan Android di Eropa tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper