Apple Bakal Rilis iPhone yang Tidak Butuh Casing?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 Juni 2023 | 10:30 WIB
iPhone tanpa casing
iPhone tanpa casing
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple dikabarkan akan merilis iPhone yang tahan banting dan tidak perlu lagi membutuhkan casing.

Raksasa teknologi ini telah menerima paten baru yang menggambarkan hasil akhir "tahan abrasi" yang tidak terlalu rentan terhadap goresan, lecet, atau lecet dan menghilangkan kebutuhan akan penutup yang tidak sedap dipandang.

Gambar dalam dokumen, seperti dilansir dari US Today menunjukkan sabuk microbeads yang tahan lama, lebih kecil dari ukuran ujung pensil, membentang di bagian belakang iPhone, seolah-olah untuk melindungi bagian tubuh perangkat yang lebih lembut.

Apple menyarankan manik-manik "tahan aus" "bisa dibuat dari logam, gelas, keramik, atau bahan lain yang sesuai."

Sebuah sabuk mikrosfer yang sangat halus namun tahan lama, yang masing-masing berukuran 5 milimeter, menurut paten baru, menonjol dari bagian belakang iPhone dan melindungi casing yang lebih lembut

Sepanjang banyak iterasi iPhone, Apple telah berjuang dan bereksperimen dengan meningkatkan daya tahan perangkat terhadap keausan sehari-hari sambil mempertahankan hasil perangkat seluler yang halus dan berkilau. Peninjau produk menggambarkan iPhone 14 baru sebagai sangat 'rapuh'

Menurut paten, manik-manik itu bisa "tertanam dalam bahan plastik", menunjukkan penutup belakang iPhone yang mirip dengan polikarbonat yang digunakan pada model iPhone anggaran sebelumnya, seperti iPhone 5S dan 5C dari 2013.

Manik-manik ini "mungkin menonjol di luar permukaan bahan plastik," seperti yang dijelaskan dalam paten, paten 11678445, yang diajukan 26 September 2017 tetapi tidak dikeluarkan dan diterbitkan hingga Selasa lalu oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS.

Selama bertahun-tahun, Apple telah berjuang dan bereksperimen dengan banyak iterasi iPhone untuk meningkatkan ketahanan perangkat terhadap keausan sehari-hari sambil mempertahankan hasil perangkat seluler yang mulus dan mengkilap.

iPhone 14 dan 14 Plus tahun lalu menampilkan "perisai keramik" tahan air IP68 (IEC Standard 60529) yang membungkus seluruh ponsel, dengan bagian belakang aluminium datar yang juga ditemukan pada model 14 Pro dan Pro Max dengan harga lebih tinggi yang tersedia dalam baja tahan karat.

Namun, bahan yang terdengar kokoh ini bernasib buruk dalam uji jatuh beberapa pengulas produk dibandingkan dengan iPhone 12 dan 13.

Paten baru Apple, berjudul "Spatial Composites", menunjukkan bahwa perusahaan memiliki rencana untuk membagi perbedaan antara daya tahan dan kemewahan: permukaan "segi" untuk manik-manik mikro yang terbuka, yang akan berkilauan seperti permata yang dipoles

"Faset seperti itu dapat memantulkan cahaya ke arah tertentu," kata paten, "yang dapat menghasilkan tampilan, pantulan, gambar, atau warna yang diinginkan."

Paten baru Apple, dengan judul sederhana "Komposit Spasial", menunjukkan bahwa perusahaan memiliki rencana untuk membagi perbedaan antara daya tahan dan kemewahan: permukaan "segi" untuk bagian mikrosfer yang terbuka (gambar di atas). Mutiara akan berkilau seperti permata yang dipoles

Gambar dalam dokumen menunjukkan sabuk microbeads yang tahan lama, lebih kecil dari ukuran titik pensil, membentang di bagian belakang iPhone.

Meskipun diagram yang diajukan dengan paten dengan jelas menunjukkan bahwa penutup belakang anti gores ini ditujukan untuk iPhone, kata-katanya menunjukkan bahwa iPad, MacBook, dan perangkat lain yang lebih tahan gores juga sedang dalam pengembangan.

Pengamat industri berspekulasi bahwa paten ini datang terlambat untuk dimasukkan ke dalam iPhone 15.

Namun, beberapa orang bertanya-tanya apakah manik-manik yang berkilauan dan kokoh itu mungkin menjadi fitur iPhone Ultra yang telah lama dirumorkan dan sangat kuat, tertanam di panel belakang yang disematkan di bodi titanium yang juga dirumorkan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper