Kembangkan Timnas Esports Nasional, Ini Rencana Kohai Infiniti

Arlina Laras
Senin, 29 Mei 2023 | 07:48 WIB
Suasana babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019 yang berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (31/3/2019)./Bisnis-Rahmad Fauzan
Suasana babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019 yang berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (31/3/2019)./Bisnis-Rahmad Fauzan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Esports di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Momen ini pun dimanfaatkan oleh Kohai Infiniti untuk membidik player esports dengan mempertemukan para gamer untuk bermain dan berkembang bersama.

Country Director Kohai Infiniti Don Putu Hariswara mengumumkan rencana jangka panjang yang mereka miliki, terkait dengan ekosistem esports 

"Di sini pasar Mobile Legends sangatlah besar. Kami ingin menciptakan inklusivitas bagi semua kalangan. Bahkan, kami memfasilitasi untuk para gamer berkembang dari pemula sampai pro," ujar Don Putu Hariswara dalam Press Conference di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Sejumlah fitur pun dirancang oleh Kohai Infiniti untuk membuka peluang bagi pemain untuk terhubung bahkan berkompetisi hingga memunculkan talent berbakat dalam ekosistem esports Indonesia. 

Dirinya menyebut fitur Scrim Arena, di mana penggunanya dapat berpartisipasi dalam pertandingan scrim (latihan) dengan pemain lain, membuat kemampuan bermain jadi meningkat. 

"Kita juga ada community chat dan leaderboard jadi di sini jiwa kompetitif makin terasah," ujarnya. 

Mode train in pro pun dirancang untuk mencari pemain esports terbaik, di mana pemain bisa berlatih dengan para profesional player guna meningkatkan keterampilan bermain.

Terlebih, Kohai Infiniti sudah membangun skena kompetitif MDL, yaitu Mobile Legends: Bang Bang Development League yang dikategorikan sebagai turnamen semi-pro yang merupakan tempat untuk berkembang dan mencari talenta atau pemain baru. 

Hal senada juga disampaikan oleh Marketing Communications Manager Moonton Indonesia Azwin Nugraha.

"Melalui kerja sama berupa kompetisi Mobile Legends: Bang Bang Development League (MDL), kami juga ingin mendorong profesi lain di tim esports untuk bisa unjuk gigi, seperti caster hingga host esports," ujarnya. 

Baginya, esports saat ini sering kali hanya dikaitkan dengan para pemain, tetapi peran para caster dan host juga sangat penting dalam industri ini.

Dalam esports, caster adalah individu yang mengomentari dan menganalisis pertandingan secara langsung kepada pemirsa. Mereka bertugas memberikan komentar tentang strategi tim, gerakan pemain, hasil pertandingan, dan memberikan konteks yang lebih dalam tentang game yang sedang dimainkan. 

Selain caster, peran host juga penting dalam industri esports. Host bertanggung jawab untuk memandu dan mengelola acara esports demi menciptakan atmosfer yang positif, dan menghubungkan antara pemirsa dan konten yang ditampilkan.

Keduanya sangat penting karena mereka membantu menciptakan pengalaman menonton yang menarik dan mendalam dalam turnamen esports. 

Mereka adalah narator dan penghubung antara pertandingan dan pemirsa, memberikan penjelasan dan analisis yang dapat meningkatkan pemahaman penonton. 

Sementara itu, bagi para pemain yang terlihat menonjol, Moonton Indonesia pun turut memberikan pendampingan bagi sejumlah talent pemula yang memiliki potensi besar ke MPL, kompetisi lanjutan yang dilakukan oleh para gamer pro di tanah air yang sudah punya pengalaman bermain cukup lama

"Bisa jadi dari kompetisi MDL ini kita lihat ada yang bagus, langsung kita kontak, lalu kita akan segera lakukan latihan intens," ujarnya pada Bisnis. 

Kohai Infiniti dan Moonton Indonesia sendiri menyatakan siap memberikan dampak besar dalam dunia esports di Indonesia dan wilayah Sea (Southeast Asia). 

Country Director Kohai Infiniti Don Putu Hariswara menyebutkan pasar esports Indonesia bernilai US$800 juta. 

"Strategi ini dapat memberikan pertumbuhan delapan sampai 12 persen setiap tahun selama dua sampai empat tahun ke depan. Harapannya, langkah ini juga bisa memberikan sebuah kontribusi ke pada negara," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper