KTT ASEAN: Telkom Hadirkan Akses Internet Cepat untuk Awak Media

Media Digital
Rabu, 10 Mei 2023 | 11:27 WIB
Foto: KTT ASEAN: Telkom Hadirkan Akses Internet Cepat untuk Awak Media
Foto: KTT ASEAN: Telkom Hadirkan Akses Internet Cepat untuk Awak Media
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Asean di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur merupakan ajang pembuktian Indonesia dalam banyak aspek termasuk telekomunikasi dan teknologi digital.

Untuk itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang menjadi ujung tombaknya, mendapatkan amanat untuk menyediakan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan pendukung di seluruh lokasi pelaksanaan KTT, salah satunya di media center.

Ya, media center menjadi  tempat yang krusial dalam perhelatan internasional ini karena para jurnalis dari media lokal, nasional, dan internasional berkumpul untuk menyebarkan informasi mengenai hasil diskusi dalam KTT sehingga bisa diketahui oleh publik.

Tentunya kesuksesan penyebaran informasi tersebut tidak lepas dari kualitas infrastruktur telekomunikasi yang menjadi tanggung jawab Telkom.

KTT ASEAN: Telkom Hadirkan Akses Internet Cepat untuk Awak Media

Foto: KTT ASEAN: Telkom Hadirkan Akses Internet Cepat untuk Awak Media

Direktur Jaringan dan Solusi Teknologi Informasi Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, Telkom telah menyiapkan pengamanan sistem komunikasi kabel laut, BTS Telkomsel dengan coverage 4G dan 5G, serta peningkatan kapasitas bandwidth.

Dalam hal pengamanan siber, Telkom turut menyiapkan Next-Gen Firewall sebagai antisipasi dari serangan siber. 

Keseluruhan infrastruktur yang Telkom siapkan ini, tuturnya, sejalan dengan pesan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate yang mengatakan bahwa sukses dari KTT Asean tidak lepas dari peran media sebagai penyebar informasi hasil dari konferensi ke masyarakat, dan untuk menyebarkan informasi tersebut diperlukan infrastruktur digital yang mumpuni.

KTT ASEAN: Telkom Hadirkan Akses Internet Cepat untuk Awak Media

Foto: KTT ASEAN: Telkom Hadirkan Akses Internet Cepat untuk Awak Media

Untuk itu, kata Herlan, kesiapan jaringan khususnya telah Telkom siapkan di venue utama dengan menyediakan jaringan internet berkecepatan 3,9 Gbps dan 160 titik akses berkecepatan 4,4 Gbps, serta didukung base transceiver station (BTS) .

Khusus di area media center, terangnya, Telkom menyediakan jaringan internet 3,9 Gbps dengan 31 titik akses berkecepatan 1,4 Gbps untuk memastikan kelancaran penyebaran informasi selama summit berlangsung. Selain itu, terdapat 3 satellite news gathering (SNG) untuk mengakomodasi kebutuhan para awak media.

Herlan menuturkan selain media center, Telkom juga mendukung kelancaran telekomunikasi di berbagai titik di Labuan Bajo yakni Bandara Komodo, Hotel Meruorah dan Ayana, Bintang Flores, Plataran serta lokasi pertemuan Golo Mori. Selain itu ada juga di Puncak Waringin, Waterfront dan dermaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper