Founder East Ventures Ungkap Alasan Startup Sering Gagal

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 9 Mei 2023 | 15:02 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - East Ventures, perusahaan modal ventura mengungkapkan dua hal yang kerap membuat perusahaan rintisan atau startup sering gagal.

Co Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan ada dua hal yang biasanya membuat startup tidak bisa berkembang atau gagal.

"Satu, foundersnya bandel, tidak mau nerima arahan," ujar Wilson, Selasa (9/5/2023).

Dia pun menjelaskan bahwa East Ventures hadir sebagai pendukung anak bangsa dan para entrepreneur meraih mimpi, dari sisi mentorship maupun memberikan pendanaan.

Modal Ventura yang paling aktif memberikan pendanaan ini pun ketika melakukan pendanaan akan menggunakan metode 3P yaitu People (orang), Product (produk), dan Potential Market (pasar yang potensial).

Dari sisi people atau founder, biasanya pihaknya melihat dari sisi integritas, kesadaran diri yang tinggi, dan karakter paradoks.

Sehingga, jika nantinya ada founder startup sudah keluar dari haluan, perusahaan rintisan biasanya akan gagal. Kedua, startup melakukan banyak bisnis dalam waktu bersamaan.

"Kedua, melakukan banyak hal. Everythings takes time. Tidak bisa kan saya menyiapkan 9 wanita hamil dan harus melahirkan di waktu sebulan," tuturnya.

Dia menekankan startup harusnya fokus satu hal terlebih dahulu. Jika fokus kepada banyak hal, dinilai tidak akan bisa memaksimalkan potensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper