Mengintip Keunggulan MetaNesia, Metaverse Office Besutan Telkom

Dea Andriyawan
Minggu, 7 Mei 2023 | 19:04 WIB
Metaverse anak negeri, metaNesia, yang dibesut oleh PT Telkom/metaNesia.
Metaverse anak negeri, metaNesia, yang dibesut oleh PT Telkom/metaNesia.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Optimalisasi penggunaan produk teknologi informasi dalam beragam sektor terus berkembang. Salah satunya adalah Metaverse anak negeri, metaNesia, yang dibesut oleh PT Telkom

Salah satu yang menggunakan layanan virtual office dari ekosistem metaNesia adalah CRMS (Center for Risk Management and Sustainability). 

Metaverse Office ini merupakan hasil kerja sama antara CRMS dan metaNesia guna menyajikan konteks pelatihan baru yang lebih seru dan interaktif bagi pengguna.

"Langkah CRMS membangun virtual office di metaNesia merupakan salah satu upaya yang tepat untuk berkembang di era digital yang tidak bisa diabaikan," ujar Founder CRMS, Antonius Alijoyo, Minggu (7/5/2023). 

Metaverse Office milik CRMS terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dua ruangan meeting room dan empat ruangan classroom (training room).

Meeting room berfungsi sebagai ruang virtual untuk melakukan pertemuan baik dengan pihak internal maupun eksternal, sedangkan classroom berfungsi sebagai ruang pelatihan dan pengajaran online bagi para pegawai dan klien CRMS.

Sementara itu, Tribe Leader Technology Commercialization Telkom Divisi Digital Business & Technology, Iwan Setiadinata, menuturkan bahwa CRMS dan metaNesia memiliki visi yang sama dalam mencetak tenaga profesional di Indonesia melalui teknologi metaverse sebagai kontribusi bagi bangsa dan negara.

"Metaverse merupakan tren teknologi canggih yang mulai terkenal pada awal 2021, sebagai dunia virtual baru di mana pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas layaknya di dunia nyata," katanya. 

Layanan Virtual Office ini memungkinkan pengunjung untuk bekerja dan berinteraksi dalam lingkungan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Berbagai industri seperti ritel, pendidikan, hingga otomotif turut masuk dan menggunakan tren teknologi canggih ini. Dengan campuran teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality, Metaverse bisa menciptakan lingkungan baru tiga dimensi tanpa batas.

MetaNesia sendiri adalah platform metaverse pertama di Indonesia yang mendukung kelahiran beragam virtual office guna mendukung kebutuhan bisnis yang semakin enerjik dalam menghadapi berbagai situasi sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dea Andriyawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper