10 Ikan Terbesar di Dunia, Beratnya Mencapai 21,5 Ton

Nuraini
Senin, 3 April 2023 | 20:05 WIB
10 Ikan Terbesar di Dunia, Beratnya Mencapai 21,5 Ton - Dok. KKP
10 Ikan Terbesar di Dunia, Beratnya Mencapai 21,5 Ton - Dok. KKP
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti yang kita ketahui, sebagian besar teritorial lautan di bumi ini belum terjelajahi. Banyak makhluk air yang masih menjadi misteri.

Salah satu misteri yang membuat kita penasaran yaitu perihal ikan terbesar di dunia. Banyak yang bertanya-tanya, apa jenis ikan yang paling besar dan berapa bobotnya? 

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar daftar ikan terbesar yang perlu diketahui. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.  

Ikan Terbesar Di Dunia Nyata

Di laut lepas, ada banyak jenis ikan dengan berbagai karakteristik, tak terkecuali ikan yang ukurannya sangat besar. Berikut ini beberapa jenis ikan yang ukurannya sangat besar. 

1. Hiu Paus

Whale Shark atau hiu paus bukanlah jenis paus. Spesies hiu ini dapat mencapai bobot hingga 21,5 ton dan panjang maksimum mencapai 126,4 meter. Ukuran tersebut sudah dapat membuat hiu paus menjadi ikan terbesar di dunia. Ikan terbesar yang satu ini juga dapat kita temui di perairan Indonesia.

2. Hiu Basking

Ikan terbesar di dunia kedua yaitu hiu basking. Ikan ini memiliki berat hingga 4,2 ton dengan panjang maksimal hingga 122,8 meter. Hiu ini memiliki keunikan yaitu gemar memakan plankton dan hidup menyendiri.

3. Hiu Putih Besar

Hiu putih besar atau nama kerennya Great White Shark memiliki bobot hingga 3,34 ton dengan panjang hingga 7 meter. Ikan predator yang satu ini terkenal dengan sifat agresifnya yang sering menyerang manusia dibanding dengan hiu lainnya. Hiu ini pernah dijumpai di laut Afrika Selatan, Hawaii, dan Australia. 

4. Hiu Macan

Tiger Shark atau Hiu Macan dapat bertumbuh hingga 7,6 meter dengan berat 3,11 ton. Hiu ikan terbesar di dunia satu ini memiliki gaya hidup menyendiri dan sering ditemukan disekitar kepulauan Pasifik Tengah dan juga perairan tropis lainnya. Hiu ini masuk ke dalam daftar satwa dilindungi yang hampir terancam punah karena penangkapan yang berlebihan.

5. Pari Manta Laut Raksasa

Ikan ini kerap disebut dengan Pari Manta Atlantik. Berat ikan paling besar di dunia kelima dapat mencapai 3 ton. Panjang ikan ini dapat mencapai 4,5 meter dengan lebar sayap hingga 9,1 meter. Ikan ini hidup di larutan tropis dan subtropis.

6. Sea Sunfish

Ikan paling besar di dunia berikutnya yaitu sea sunfish. Habitat ikan ini ada di perairan tropis. Ikan mola-mola ini sering dijadikan makanan oleh masyarakat Taiwan dan Jepang. Ikan ini dapat mencapai panjang sekitar 3 meter

7. South Sunfish

Berat ikan mola-mola selatan ini sekitar 2,3 ton dengan panjang 3,35 meter. Ikan terbesar di dunia ini masih satu keluarga dengan ikan mola-mola lainnya dengan ciri khas berenang dengan posisi tubuh berbaring secara horizontal.

8. Sturgeon Beluga

Ikan sturgeon yang satu ini berbobot hingga 2,07 ton dengan panjang 7,3 meter. Sturgeon Beluga hidup di cekungan Kaspia dan juga Laut Hitam. Ikan terbesar ini sering diincar karena telur yang dihasilkannya cukup mahal yang sering kita kenal dengan sebutan kaviar.

9. Sharptail Mola

Ikan terbesar di dunia ini memiliki berat hingga 2 ton dengan panjang hingga 2,98 meter. Ikan ini memiliki fisik yang mirip dengan mola-mola namun dengan ekor menonjol seperti pedang. Sharptail Mola pernah ditemukan oleh seorang pemancing di Teluk Meksiko.

10. Hodwinker Sunfish

Hoodwinker Sunfish merupakan salah satu jenis keluarga ikan mola-mola dapat mencapai berat hingga 1,8 ton dengan panjang hingga 2,4 meter. Ikan terbesar di dunia ini dilaporkan terlihat di dekat kawasan Selandia Baru oleh para ilmuwan pada tahun 2014. Selain itu, ikan ini pernah terlihat di kawasan perairan Chili, Afrika Selatan, dan Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper