Tega! Meta Induk Facebook, Bakal PHK Massal 10.000 Karyawan

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 15 Maret 2023 | 08:38 WIB
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meta, induk dari Facebook, Instagram dan WhatsApp, akan memangkas 10.000 karyawan pada tahun ini. Keputusan tersebut menjadikan Meta sebagai perusahaan teknologi besar pertama yang mengumumkan PHK massal putaran kedua.

Dilansir dari Reuters, Rabu (15/3/2023), PHK yang telah diantisipasi secara luas ini merupakan bagian dari restrukturisasi yang akan membuat perusahaan ini membatalkan rencana perekrutan 5.000 karyawan, menghentikan proyek-proyek dengan prioritas lebih rendah, dan "meratakan" lapisan-lapisan manajemen menengah.

Langkah ini dilakukan setelah perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal pertama pada musim gugur (kuartal III/2022)  yang berdampak pada lebih dari 11.000 karyawan.

Angka tersebut mencapai 13 persen dari jumlah tenaga kerjanya pada saat itu. Padahal pada 2020, Meta sempat melakukan perekrutan karyawan dengan jumlah besar.

Kekhawatiran akan penurunan ekonomi akibat kenaikan suku bunga telah memicu serangkaian pemutusan hubungan kerja massal di seluruh perusahaan di Amerika dalam beberapa bulan terakhir. Menurut situs pelacakan Layoffs.fyi, perusahaan-perusahaan teknologi telah memecat lebih dari 290.000 pekerja sejak awal 2022.

Pembersihan karyawan Meta telah menjadi salah satu yang paling menonjol di sektor ini. Selain masalah inflasi, perusahaan ini juga menghadapi ancaman unik terhadap bisnis iklan digital intinya, sementara menghabiskan banyak uang untuk rencana Chief Executive Mark Zuckerberg untuk membangun metaverse yang futuristik.

Dalam sebuah pesan kepada para stafnya pada hari Selasa, Zuckerberg mengatakan bahwa sebagian besar pemangkasan akan diumumkan dalam dua bulan ke depan, meskipun dalam beberapa kasus pemangkasan ini akan berlanjut hingga akhir tahun.

"Namun tahun lalu adalah sebuah peringatan yang merendahkan. Saya pikir kita harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan bahwa realitas ekonomi baru ini akan terus berlanjut selama bertahun-tahun," tulis Zuckerberg.

Zuckerberg berencana untuk mengurangi lebih lanjut ukuran tim perekrutan, yang telah terdampak oleh PHK pada musim gugur. Restrukturisasi di grup teknologi akan diumumkan pada akhir April dan pemangkasan di grup bisnis akan dilakukan pada Mei.

Meta juga akan menghapus beberapa lapisan manajemen dan meminta banyak manajer untuk menjadi kontributor individu, sambil menghilangkan peran non-engineering, mengotomatisasi lebih banyak fungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper