Gandeng Cisco, XL Axiata Siapkan Jaringan 5G dan Cloud untuk IoT

Rahmi Yati
Jumat, 3 Maret 2023 | 09:31 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) menandatangi kerja sama dengan Cisco untuk menyiapkan jaringan 5G, serta infrastruktur cloud untuk solusi internet of things (IoT).

Direktur & Chief Digital Transformation and Enterprise Business Officer XL Axiata Yessie D Yosetya mengeklaim lewat kerja sama ini, kemampuan jaringan XL Axiata akan ditingkatkan dengan menggunakan otomatisasi end-to-end dan jaringan optik.

"Tujuannya adalah mendukung perusahaan dalam mengubah jaringan yang sudah ada jadi jaringan yang siap 5G sekaligus memperkuat layanan konektivitas IoT," ujarnya melalui siaran pers, dikutip Jumat (3/3/2023).

Pengembangan solusi IoT hasil kolaborasi antara XL Axiata dan Cisco ini disebut akan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan market di Indonesia khususnya pelanggan korporasi.

Untuk itu, sambung Yessie, pihaknya akan memberikan solusi ICT terintegrasi yang terbaik, baik pelanggan dengan standar industri internasional yang dapat meningkatkan produktivitas ataupun efisiensi perusahaan.

"XL Axiata terus meningkatkan kapasitas jaringannya melalui strategi berbasis data dan investasi dalam inovasi mutakhir," ucap dia.

Menyusul penerapan Cisco Ultra Traffic Optimization pada 2022, XL Axiata juga akan menerapkan otomatisasi untuk menangani domain multi-layer di seluruh IP dan optical, serta multi-deployment di seluruh wilayah layanan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Dengan menerapkan solusi Routed Optical Networking Cisco, XL Axiata berpotensi menghemat daya hingga 45 persen dan hingga 70 persen untuk real estat atau ruang untuk peralatan.

Dengan implementasi Automation dan Cisco Routed Optical Networking, XL Axiata berencana memperluas kemampuan jaringan IoT yang kuat untuk mendukung berbagai industri termasuk keuangan, ritel dan pemerintahan.

Transisi ke routed optical networking juga akan membantu XL Axiata meningkatkan ketahanan jaringan dan mendukung rangkaian Service Level Agreement (SLA) yang jadi fondasi untuk layanan 5G mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper