PeduliLindungi Jadi Satu Sehat, Pengguna Tidak Bisa Login

Rahmi Yati
Rabu, 1 Maret 2023 | 13:06 WIB
Ilustrasi Satu Sehat Mobile.
Ilustrasi Satu Sehat Mobile.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PeduliLindungi telah resmi berganti nama jadi Satu Sehat Mobile sejak Selasa (28/2/2023) malam. Sayangnya, pada awal transformasinya, banyak pengguna yang mengeluh tak bisa login atau masuk ke aplikasi.

"Udh di update tpi gak bisa login via no telpon & pke email juga lama banget kirim kode otp abis itu invalid terus, tolong perbaiki lgi aplikasinya," tulis salah seorang warganet di akun Instagram @kemenkes_ri, Rabu (1/3/2023).

"Kalau bikin aplikasi yang bagus dong bukan malah jeblok gini, login aja gak bisa," timpal warganet lainnya.

Bisnis.com juga telah mencoba untuk login lewat aplikasi PeduliLindungi. Mulanya, perangkat meminta untuk update aplikasi. Setelah diperbarui, secara otomatis aplikasi yang tadinya PeduliLindungi berubah jadi Satu Sehat Mobile.

Sayangnya, ketika mencoba login dengan memasukkan nomor handphone sebagai syarat masuk, prosesnya cukup lama karena kode OTP tak kunjung masuk.

Sedangkan ketika log-in menggunakan alamat email, kode OTP dengan cepat masuk dan saat dimasukkan ke dalam kolom pada aplikasi juga tidak ada kendala sama sekali.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mentransformasikan PeduliLindungi jadi aplikasi kesehatan masyarakat bernama Satu Sehat Mobile sejak Selasa (28/2/2023) malam.

Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji mengatakan PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai Satu Sehat Mobile mulai 1 Maret 2023.

"Bagi yang telah mengunduh PeduliLindungi sebelumnya, masyarakat hanya perlu memperbarui aplikasi melalui Play Store maupun App Store, baik secara otomatis maupun manual," ujarnya dikutip dari laman resmi Kemenkes.

Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di Satu Sehat Mobile, pengguna hanya perlu log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar.

Untuk tahap awal perbaharuan aplikasi ditujukan bagi pengguna IOS. Sementara untuk pengguna Android akan segera tersedia dalam waktu dekat.

''Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin Covid-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis,'' tambah Setiaji.

Selain fitur-fitur yang ada sebelumnya di PeduliLindungi, seperti vaksinasi Covid-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama diari kesehatan yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper