OCBC NISP Guyur Modal Jumbo Rp250 Miliar ke Startup eFishery

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 9 Februari 2023 | 11:30 WIB
Petugas berbincang dengan nasabah di kantor cabang PT Bank OCBC NISP Tbk di Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Petugas berbincang dengan nasabah di kantor cabang PT Bank OCBC NISP Tbk di Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - eFishery, startup agritech, mendapatkan pinjaman bilateral dari OCBC NISP senilai Rp250 miliar sebagai modal.

CEO dan Co-Founder eFishery Gibran Chuzaefah mengatakan dana segar ini akan dipakai untuk membiayai kebutuhan modal kerja dalam mendukung pertumbuhan penjualan dalam negeri dan peningkatan ekspor.

Kerja sama ini merupakan lanjutan setelah tahun lalu, kedua perusahaan memulai kerja sama yang dituangkan dalam pemberian dukungan pembiayaan kepada pembudidaya eFishery melalui program KTA Cashbiz OCBC NISP yang disalurkan oleh layanan Kabayan eFishery.

"Adanya suntikan dana dari Bank OCBC NISP, kami semakin optimis untuk terus bertumbuh kembang bersama membangun ekosistem akuakultur dan berkontribusi secara signifikan dalam ketahanan pangan nasional,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (8/2/2023).

Gibran pun percaya bahwa kegiatan budidaya ikan dan udang menjadi solusi dalam peningkatan produksi perikanan sebagai sumber pangan, yang juga merupakan sumber utama protein hewani yang tidak hanya kaya nutrisi tetapi juga dapat diakses oleh semua kalangan.

Berdasarkan data dari  Global Food Security Index (GFSI), ketahanan pangan Indonesia meningkat dari skor 59,2 saat 2021 menjadi 60,2 pada 2022.

Sektor akuakultur turut berkontribusi di dalamnya, mengingat Indonesia saat ini tercatat sebagai negara penghasil perikanan budidaya terbesar kedua di dunia dengan volume produksi 14,8 juta ton, dan berdasarkan prediksi Food and Agriculture Organization (FAO), perikanan budidaya Indonesia akan tumbuh sebesar 26 persen pada 2030.

Selain membantu para pembudidaya ikan air tawar untuk terus berkembang, eFishery juga mempromosikan “A Greener Planet” dengan cara mengurangi emisi karbon melalui pembudidayaan pangan ikan air tawar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper