Badai PHK Berlanjut! Giliran eBay Pangkas 500 Karyawan

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 8 Februari 2023 | 19:17 WIB
Ilustrasi Marketplace Ebay/ Bloomberg
Ilustrasi Marketplace Ebay/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) pada raksasa teknologi masih berlanjut hingga awal 2023. Kali ini giliran eBay yang melakukan PHK terhadap karyawannya.

Dilansir dari Reuters, Rabu (8/2/2023), perusahaan e-commerce eBay Inc. mengumumkan akan melakukan PHK terhadap 500 karyawannya atau 4 persen dari total tenaga globalnya.

Dalam sebuah memo kepada karyawan, CEO eBay, Jamie Iannone, mengatakan perusahaan memutuskan untuk melakukan pemangkasan karyawan setelah memeriksa lingkungan ekonomi makro global selama beberapa bulan terakhir.

Dia mengatakan pemotongan akan memperkuat kemampuan eBay untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggannya. Langkah tersebut juga dinilai akan membantu eBay fokus pada area yang dapat memberikan dampak paling besar.

“Yang penting, pergeseran ini memberi kami ruang tambahan untuk berinvestasi dan menciptakan peran baru di area berpotensi tinggi, teknologi baru, inovasi pelanggan, dan pasar utama  dan untuk terus beradaptasi dan fleksibel dengan lanskap makro, e-niaga, dan teknologi yang berubah,” tulis Iannone dalam pesan kepada karyawan.

Dia mengatakan karyawan yang terkena dampak pemangkasan ini akan diberitahu dalam waktu 24 jam ke depan. 

Adapun, sebelum eBay melakukan PHK, Zoom juga mengumumkan rencana untuk memangkas sekitar 1.300 karyawan. Selain itu, pada Januari, Google mengungkapkan rencana untuk memberhentikan lebih dari 12.000 pekerja.

Raksasa teknologi lainnya yang melakukan PHK massal ialah Microsoft yang bakal memangkas 10.000 karyawan dan Salesforce yang mengumumkan rencana untuk memberhentikan 7.000 pekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper