Ini Dia Empat Startup IPO Tahun Ini

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 29 Desember 2022 | 02:30 WIB
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tahun ini, ada empat startup atau perusahaan rintisan yang melakukan Initial Public Offering atau IPO.

Berdasarkan rangkuman Bisnis, Gojek dan Tokopedia bergabung menjadi GoTo, dan melakukan IPO. IPO tersebut pun dinilai menjadi perolehan dana terbesar sepanjang 2022 dengan nilai mencapai Rp13,73 triliun.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) tercatat melepas 40,62 miliar lembar saham baru dengan harga penawaran sebesar Rp338 per saham. Adapun pada bulan lalu, GOTO melaporkan adanya pemangkasan sebanyak 1.300 karyawan.

GoTo menilai hal ini merupakan salah satu langkah strategis untuk memastikan agar GOTO dapat membawa dampak positif secara jangka panjang bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang dalam ekosistemnya.

Selain GoTo, Blibli.com , e-commerce grup Djarum dan Tiket.com berserta Ranch Market bersinergi menjadi PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI).

Entitas Djarum ini pun menjadi perusahaan dengan nilai IPO terbesar setelah GoTo. Blibli resmi melantai di BEI pada 8 November 2022 dan menjadi perusahaan ke-47 yang tercatat di bursa pada 2022. Blibli menawarkan 17,7 miliar sahamnya dengan harga Rp450 per saham pada aksi korporasi tersebut.

Dengan demikian, dana hasil penawaran umum yang dikumpulkan BELI mencapai Rp7,99 triliun. IPO Blibli menjadi yang terbesar kedua sepanjang 2022 dan terbesar kelima sepanjang sejarah di pasar modal Indonesia.

Manajemen Blibli menyebutkan proses penawaran umum perdana saham Blibli berjalan lancar di tengah volatilitas pasar dan aksi jual saham sektor teknologi.

“Dengan menjadi perusahaan tercatat, kami berharap kepercayaan investor di sektor teknologi dapat meningkat dan memberi dampak positif bagi ekonomi digital Indonesia,” kata Presiden Komisaris Blibli Martin Basuki Hartono kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper